RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata
Pelajaran : IPA
Kelas
/ Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Tekanan
Zat
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan :
1.
Peserta didik
dapat menjelaskan pengertian tekanan hidrostatis.
2.
Peserta didik dapat memahami konsep tekanan hidrostatis.
3.
Peserta didik dapat mengetahui faktor-raktor yang
mempengaruhi tekanan hidrostatis.
B. Kompetensi Inti
3.
Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret
(menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang
dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3.8 Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya
dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas
jaringan angkut pada tumbuhan
|
3.8.1
Mendeskripsikan konsep tekanan hidrostatis dan contoh dalam kehidupan
sehari-hari
|
4.8 Menyajikan data hasil percobaan untuk
menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, daya apung, dan
kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
|
4.8.1 Menyajikan
data hasil percobaan tekanan hidrostatis
|
D.
Materi
Pembelajaran
Pada
materi sebelumnya tentang tekanan pada zat padat, apakah tekanan hanya berlaku
pada benda yang padat saja? Ada
berapa jenis zat yang kamu ketahui?
Apakah
zat cair juga dapat memberikan tekanan? pernahkah kamu menyelam? Apa yang kamu
rasakan terhadap dada kamu? Apakah dada kamu merasa tertekan? Semakin dalam
kamu menyelam, kamu akan merasakan tekanan yang semakin besar.
Tekanan yang kamu rasakan saat menyelam
merupakan tekanan yang dihasilkan dari zat cair yang disebut dengan tekanan
hidrostatis.
Tekanan hidrostatis adalah tekanan dalam
zat cair yang disebabkan oleh berat zat cair itu sendiri. Tekanan hidrostatis
dipengaruhi oleh massa jenis zat cair dan kedalam zat cair. Semakin dalam zat
cair, maka semakin besar tekanan yang dihasilkan. Semakin besar massa jenis zat
cair, maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan.
Secara matematis tekanan hidrostatis dapat
dirumuskan,
Ph
= ρ x g x h
Keterangan: Ph
= tekanan pada zat cair (N/m2 atau Pa)
ρ = massa jenis zat cair (kg/m3)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
h = tinggi zat cair (m)
contoh
soal :
sebuah
drum dengan tinggi 1 m di isi air hingga penuh. Tentukan tekanan hidrostatis
pada dasar drum jika massa jenis air 100 kg/m3 dan percepatan
gravitasi bumi 10 m/s2 !
penyelesaian :
diketahui : h = 1 m
ρ = 100 kg/m3
g = 10 m/s2
ditanya
: P ?
jawab
: P = ρ x g x h
= 100 x 10 x 1
= 1.000 N/m2 atau Pa
Tekanan
hidrostatis ini penting untuk diperhatikan dalam merancang berbagai struktur
bangunan dalam penampungan air, misalnya dalam pembuatan bendungan. Maka dari
itu pembangunan bendungan memiliki konstruksi yang semakin melebar pada bagian
dasarnya untuk manahan tekanan air. Kemudian dalam pembuatan kapal selam juga
memperhitungkan tekanan hidrostatis air laut, sehingga kapal selam mampu
menyelam kedasar laut tanpa harus mengalami kebocoran atau kerusakan akibat
tekanan hidrostatis.
E.
Kegiatan
Pembelajaran
Model Saintifik
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model
saintifik
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (stimulasi)
|
· Guru mengucapkan salam
dan membimbing
peserta didik untuk ber do’a sebelum memulai pembelajaran
· Guru mengecek kebersihan
kelas dan kehadiran peserta didik dan memeriksa
kesiapan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
· Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pada
materi sebelumnya “pada meteri sebelumnya tentang tekanan pada zat padat,
apakah tekanan hanya berlaku pada benda yang padat saja? Ada berapa jenis zat
yang kamu ketahui?”
· Guru melakukan motivasi
dengan menanyakan kepada peserta didik “Apakah zat cair juga dapat memberikan
tekanan? pernahkah kamu menyelam? Apa yang kamu rasakan terhadap dada kamu?
Apakah dada kamu merasa tertekan?”
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
1. Mengamati
|
·
Guru
menjelaskan materi yang terkait
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
|
60
menit
|
2. Menanya
|
·
Guru melakukan
tanya jawab kepada peserta didik
|
||
3. Mengumpulkan informasi/mencoba
|
· Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
· Guru memberikan lembar kerja siswa kepada setiap
kelompok
· Guru menjelaskan proses pengerjaan lembar kerja
siswa
· Guru melakukan demonstrasi dengan materi yang
terkait
|
||
4. Menalar / Mengasosiasi
|
· Setiap kelompok mendiskusikan dan menyelesaikan
lembar kerja siswa yang telah diberikan
· Guru membimbing peserta didik dalam mengerjakan
lembar kerja siswa
|
||
5. Mengkomunikasik-an
|
· Peserta didik
mengumpulkan lembar kerja siswa kepada guru
· Guru meminta perwakilan
salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
|
||
Penutup
|
Verifikasi
|
·
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran
·
Guru memberikan penguatan materi kepada peserta didik
·
Guru memberikan soal individu untuk mengetahui
pemahaman peserta didik
·
Guru menutup pelajaran dengan membaca doa bersama
peserta didik dan mengucapkan salam
|
10
menit
|
F.
Media
Pembelajaran
·
Media : Power Point, proyektor, laptop.
·
Alat dan Bahan : Lembar Kerja Siswa
(LKS), Botol 1.500 ml yang sudah dilubangi, air.
G.
Sumber
Belajar
·
Kemendikbud. 2017. Ilmu
Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 2 Edisi Revisi 2017. Jakarta:
Kemendikbud
·
Modul Pembelajaran
tentang tekanan
H.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar Pengamatan
|
·
Tes Unjuk Kerja
|
·
Tes Penilaian Kinerja (LKS)
|
·
Tes tertulis
|
·
Soal Pengetahuan
|
1.
Penilaian Pengetahuan
a.
Instrument Penilaian Pengetahuan
No
|
Bentuk Soal
|
Instrumen Soal
|
1
|
Pilihan Ganda
|
|
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
b. Kunci
Jawaban dan Pedoman Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
Total Skor
|
2.
Penilaian Keterampilan
1.
Instrumen Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
3
|
2
|
1
|
Keterangan
|
1
|
Rasa ingin tahu (curiosity)
|
||||
2
|
Fokus
dalam melihat demonstrasi yang
dilakukan oleh guru
|
||||
3
|
Ketekunan
dan tanggung
jawab dalam mengerjakan LKS secara berkelompok
|
||||
4
|
Keterampilan berkomunikasi pada saat
mempresentasikan hasil diskusi kelompok
|
2. Rubrik Penilaian
No
|
Aspek yang dinilai
|
Rubrik
|
1.
|
Menunjukkan
rasa ingin tahu
|
3: menunjukkan
rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan
rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam
kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak
menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan
kelompok walaupun telah didorong untuk
terlibat
|
2.
|
Ketelitian
dan hati-hati
|
3: mengamati hasil percobaan sesuai prosedur,
hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati
hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: mengamati
hasil percobaan tidak sesuai prosedur,
kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
|
3
|
Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar
dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
|
3: tekun
dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya
tepat waktu.
2: berupaya
tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya
terbaiknya
1: tidak
berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak
selesai
|
4
|
Berkomunikasi
|
3.
Aktif dalam tanyajawab, dapat mengemukaan gagasan atau
ide, menghargai pendapat siswa lain
2. aktif
dalam tanya jawab
3. tidak ikut mengemukaan gagasan atau
ide, menghargai pendapat siswa lain
|
3.
Penilaian
Sikap
1.
Instrumen Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar