Selasa, 17 Juli 2018

RPP Tekanan Hidrostatis (SMP) K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran              : IPA
Kelas / Semester             : VIII / Ganjil
Materi Pokok                 : Tekanan Zat
Alokasi Waktu               : 2 x 40  menit

            A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan :
            1.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian tekanan hidrostatis.
            2.      Peserta didik dapat memahami konsep tekanan hidrostatis.
            3.      Peserta didik dapat mengetahui faktor-raktor yang mempengaruhi tekanan hidrostatis.

B.       Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8  Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
3.8.1 Mendeskripsikan konsep tekanan hidrostatis dan contoh dalam kehidupan sehari-hari
4.8  Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, daya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
4.8.1 Menyajikan data hasil percobaan tekanan hidrostatis

D.    Materi Pembelajaran
Pada materi sebelumnya tentang tekanan pada zat padat, apakah tekanan hanya berlaku
pada benda yang padat saja? Ada berapa jenis zat yang kamu ketahui?
     Apakah zat cair juga dapat memberikan tekanan? pernahkah kamu menyelam? Apa yang kamu rasakan terhadap dada kamu? Apakah dada kamu merasa tertekan? Semakin dalam kamu menyelam, kamu akan merasakan tekanan yang semakin besar.
     Tekanan yang kamu rasakan saat menyelam merupakan tekanan yang dihasilkan dari zat cair yang disebut dengan tekanan hidrostatis.
     Tekanan hidrostatis adalah tekanan dalam zat cair yang disebabkan oleh berat zat cair itu sendiri. Tekanan hidrostatis dipengaruhi oleh massa jenis zat cair dan kedalam zat cair. Semakin dalam zat cair, maka semakin besar tekanan yang dihasilkan. Semakin besar massa jenis zat cair, maka semakin besar pula tekanan yang dihasilkan.
     Secara matematis tekanan hidrostatis dapat dirumuskan,
Ph = ρ x g x h
Keterangan: Ph = tekanan pada zat cair (N/m2 atau Pa)
                ρ = massa jenis zat cair (kg/m3)
                g = percepatan gravitasi (m/s2)
                h = tinggi zat cair (m)
contoh soal :
            sebuah drum dengan tinggi 1 m di isi air hingga penuh. Tentukan tekanan hidrostatis pada dasar drum jika massa jenis air 100 kg/m3 dan percepatan gravitasi bumi 10 m/s2 !
penyelesaian :
diketahui : h = 1 m
 ρ = 100 kg/m3
      g = 10 m/s2
ditanya : P ?
jawab : P = ρ x g x h
           = 100 x 10 x 1
           = 1.000 N/m2 atau Pa
Tekanan hidrostatis ini penting untuk diperhatikan dalam merancang berbagai struktur bangunan dalam penampungan air, misalnya dalam pembuatan bendungan. Maka dari itu pembangunan bendungan memiliki konstruksi yang semakin melebar pada bagian dasarnya untuk manahan tekanan air. Kemudian dalam pembuatan kapal selam juga memperhitungkan tekanan hidrostatis air laut, sehingga kapal selam mampu menyelam kedasar laut tanpa harus mengalami kebocoran atau kerusakan akibat tekanan hidrostatis.

E.  Kegiatan Pembelajaran
Model Saintifik
Kegiatan
Langkah-langkah Model saintifik
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulasi)

·   Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta didik untuk ber do’a sebelum memulai pembelajaran
·   Guru mengecek kebersihan kelas dan kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
·   Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pada materi sebelumnya “pada meteri sebelumnya tentang tekanan pada zat padat, apakah tekanan hanya berlaku pada benda yang padat saja? Ada berapa jenis zat yang kamu ketahui?”
·   Guru melakukan motivasi dengan menanyakan kepada peserta didik “Apakah zat cair juga dapat memberikan tekanan? pernahkah kamu menyelam? Apa yang kamu rasakan terhadap dada kamu? Apakah dada kamu merasa tertekan?”
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10 menit
Inti
1. Mengamati
·  Guru menjelaskan materi yang terkait
·  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
60 menit
2. Menanya
·   Guru melakukan tanya jawab kepada peserta didik
3. Mengumpulkan informasi/mencoba
·  Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
·  Guru memberikan lembar kerja siswa kepada setiap kelompok
·  Guru menjelaskan proses pengerjaan lembar kerja siswa
·  Guru melakukan demonstrasi dengan materi yang terkait
4. Menalar / Mengasosiasi
·   Setiap kelompok mendiskusikan dan menyelesaikan lembar kerja siswa yang telah diberikan
·   Guru membimbing peserta didik dalam mengerjakan lembar kerja siswa
5. Mengkomunikasik-an
·  Peserta didik mengumpulkan lembar kerja siswa kepada guru
·  Guru meminta perwakilan salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
Penutup
Verifikasi
·   Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
·   Guru memberikan penguatan materi kepada peserta didik
·   Guru memberikan soal individu untuk mengetahui pemahaman peserta didik
·   Guru menutup pelajaran dengan membaca doa bersama peserta didik dan mengucapkan salam
10 menit

      F.     Media Pembelajaran
·         Media                 : Power Point, proyektor, laptop.
·         Alat dan Bahan  : Lembar Kerja Siswa (LKS), Botol 1.500 ml yang sudah dilubangi, air.

      G.    Sumber Belajar
·         Kemendikbud. 2017. Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 2 Edisi Revisi 2017. Jakarta: Kemendikbud
·         Modul Pembelajaran tentang tekanan

      H.    Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Penilaian Kinerja (LKS)
·         Tes tertulis
·         Soal Pengetahuan





1.    Penilaian Pengetahuan
a.    Instrument Penilaian Pengetahuan
No
Bentuk Soal
Instrumen Soal
1
Pilihan Ganda

2

3

4

5


b.    Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran 
No
Kunci Jawaban
Skor
1.


2.


3.


4.


5.


Total Skor


2.    Penilaian Keterampilan
1.      Instrumen Penilaian
No
Aspek yang dinilai
3
2
1
Keterangan
1
 Rasa ingin tahu (curiosity)




2
Fokus dalam melihat  demonstrasi yang dilakukan oleh guru




3
Ketekunan dan tanggung jawab dalam mengerjakan LKS secara berkelompok




4
 Keterampilan berkomunikasi pada saat mempresentasikan hasil diskusi kelompok





2.     Rubrik Penilaian


No
Aspek yang dinilai
Rubrik
1.
Menunjukkan rasa ingin tahu
3:  menunjukkan rasa ingin tahu yang besar, antusias, aktif dalam   dalam kegiatan kelompok
2: menunjukkan rasa ingin tahu, namun tidak terlalu antusias, dan baru terlibat aktif dalam kegiatan kelompok ketika disuruh
1: tidak menunjukkan antusias dalam pengamatan, sulit terlibat aktif dalam kegiatan kelompok  walaupun telah didorong untuk terlibat
2.
Ketelitian dan hati-hati





3:  mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, hati-hati dalam melakukan percobaan
2: mengamati hasil percobaan sesuai prosedur, kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
1: mengamati hasil percobaan tidak sesuai prosedur,  kurang hati-hati dalam melakukan percobaan
3
 Ketekunan dan tanggungjawab dalam belajar dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
3:  tekun dalam menyelesaikan tugas dengan hasil terbaik yang bisa dilakukan, berupaya tepat waktu.
2: berupaya tepat waktu dalam menyelesaikan tugas, namun belum menunjukkan upaya terbaiknya
1: tidak berupaya sungguh-sungguh dalam menyelesaikan tugas, dan tugasnya tidak selesai
4
Berkomunikasi
3.      Aktif dalam  tanyajawab, dapat mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain
2.      aktif dalam tanya jawab
3.      tidak ikut mengemukaan gagasan atau ide, menghargai pendapat siswa lain



3.    Penilaian Sikap
1.         Instrumen Penilaian
No
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1



2



3



4



5







Tidak ada komentar:

Posting Komentar