Selasa, 24 Juli 2018

RPP Listrik Kelas XI (K13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran             : FISIKA
Kelas/Semester            : XI /Ganjil
Materi Pokok              : 
1.1  Muatan Listrik
1.2  Hukum Coulomb
1.3  Arus dan beda Potensial
                 
AlokasiWaktu             : 2 JP (2X PERTEMUAN)

A.   KompetensiInti (KI)
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Pertemuan pertama
1.1.Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
3.5 Memahami konsep  listrik statis dan dinamis
3.7 Menerapkan hukum kelistrikan arus searah

Pertemuan ke dua
       1.2 Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, Fluida,kalor bumi dan seisinya
C. Tujuan Pembelajaran
 Pertemuan Pertama
Setelah proses melakukan pengamatan,diskusi, dan melakukan eksperimen siswa dapat :
* memberikan kesimpulan tentang interaksi muatan listrik statis
* menyimpulkan tentang hal yang mempengaruhi besar kecilnya muatan listrik berdasarkan hukum coulomb
* mengerjakan soal tentang hukum coulomb
Pertemuan kedua
* memberikan kesimpulan tentang hubungan arus listrik, tegangan atau hambatan lisrik
* menjelaskan perbedaan antara listrik statis dan listrik dinamis

D. Materi  Pembelajaran
         Pertemuan pertama
·                               Muatan listrik
·                               Hukum Coulomb
·                               Arus dan  beda potensial
1)      Materi Fakta
      -        Kain wol atau kertas, penggaris mika dan melalui vidio youtube
2)      Materi Konsep
      -          Ilmu fisika
      -          Aplikasi listrik statis  dalam kehidupan sehari-hari
3)      Materi Prinsip
      -          K3 ( Keselamatan, Kesehatan dan Kerja)
     -          Prinsip kerja alat yang digunakan dalam percobaan fisika
4)    Prosedur
       -          Langkah kerja dalam  mengamati Interaksi muatan listrik statis
       -          Langkah kerja dalam mengamati hubungan antara kuat arus, tegangan atau hambatan listrik

 E.    Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran   : Demontrasi, Diskusi, , dan tanya jawab.
MetodePembelajaran: Cooperative learning.

F.     Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
     Media: LKS
     Alat/Bahan: Alat dan Bahan di Laboratorium
                 Sumber Belajar:internet (gurumuda.net)


G.     Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
a.       Membaca do’a terlebih dahulu
b.      Mengabsen siswa
c.        Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.      Menuntun siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang listrik statis
e.       Memperlihatkan tentang pengisian baterai HP



20 Menit
2
Inti
·      Siswa di bagikan materi muatan listrik
Mengamati
·      Siswa mengamati interaksi muatan listrik statis, dan menuliskan ke dalam tabel pengamatan
Menanya
·      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan, misalnya:
-          Setelah pengamatan apa yang telihat ketika terjadi interaksi muatan listik pada kertas
-          Apa yang menyebabkan kertas menempel pada penggaris mika
-          apa kesimpulan tentang sifat-sifat muatan listrik ketika dari pengamatan interaksi tentang listrik statis
Mengeksplorasi
·      melalui youtube siswa meangamati eksperimen menggunakan elektroskop untuk menunjukkan jenis dan interaksi muatan lsitrik statis
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil pengamatan mengenai interaksi muatan listrim dalam bentuk gambar maupun lisan

3
Penutup
·         Membuat hasil laporan

15 Menit

Pertemuan Kedua
No.
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
a. Membaca do’a terlebih dahulu
a.       Mengabsen siswa
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Menuntun siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang hukum coulomb
e.Memperlihatkan rumus hukum coulomb



20 Menit
2
Inti
·      Siswa di bagikan materi muatan listrik 
Mengamati
·      Siswa mengamati gambar dua muatan listrik untuk mengetahui besar kecilnya gaya coulomb
Menanya
·      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan, misalnya:
-          Apa yang mempangaruhi gaya coulomb
-          Diantara dua gambar tersebut manakah yang mempunyai gaya columb terbesar
-          Apa yang mempengaruhi medan listrik
-          Apa yang mempangaruhi beda potensial untuk dua keping sejajar
Mengeksplorasi
·      melalui soal siswa mengerjakan soal yang diberikan
Mengkomunikasikan
·      siswa dapat mengerjakan soal di depan kelas

3
Penutup
·         Membuat ramgkuman materi di dalam kelas

15 Menit

B. Penilaian
     1. Bentuk Instrumen danJ enis/Teknik Penilaian:
a.        Bentuk Instrumen berupa Tes: Tulis
b.  Bentuk Instrumen berupa Non Tes: melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar