RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester :
XI /Ganjil
Materi
Pokok : Getaran
·
Frekuensi, kecepatan rambat dan panjang
gelombang
·
Gelombang transversal dan longitudinal
·
Gelombang tali, gelombang perrmukaan
air, gelombang bunyi dan gelombang cahaya
·
Interferensi, resonansi, gelombang
kejut, efek doppler
·
Gelombang sonar, supersonik dan sonic
boom, ultrasonik, gelombang radio, gelombang TV dan RADAR
AlokasiWaktu : 2 JP (4X PERTEMUAN)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
Pertemuan pertama
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
1.1. Menambah keimanan dengan
menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan
yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan
yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor,
bumi dan seisinya
|
* mengamalkan ajaran agama yangn dianut dan menyadari kebesaran tuhan
* menghayati bahwa fenomena terhadap gerak, fluida, kalor, bumi dan
seisinya merupakan diciptakan oleh
Tuhan YME
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
* Mengamalkan perilaku ilmiah dan menunjukkan sikap yang
santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru
* mengamalkan sikap sportif dalam
mengambil solusi dari permasalahan yang timbul ketika terjadi perbedaan
pendapat dengan teman atau kelompok lain
|
3.1
Memahami konsep dan prinsip-prinsip gejala gelombang
3.2
Menganalisis perbedaan
jenis-jenis gelombang
|
Memahami konsep gelombang dengan cara membaca literatur yang diberikan
oleh guru atau mencari informasi dari internet
Memahami prinsip-prinsip gejala gelombang dengan cara melakukan metode
tanya – jawab
Menganalisa perbedaan jenis-jenis gelombang dengan melakukan pengamatan
melalui gambar animasi
|
Pertemuan ke dua
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
3.3 Menganalisa perbedaan jenis-jenis gelombang
|
Menganalisa gelombang
transversal, longitudinal, gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik
dengan mengkomunikasikan di depan kelas atau diskusi kelompok
|
Pertemuan ke-3
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
|
4.1
Menyajikan hasil penyelidikan
fenomena gelombang (interferensi,
resonansi, efek doppler, dan/atau gelombang kejut)
|
Mampu
menyelidiki resonansi melalui percobaan dari garpu tala yang sederhana
Melakukan eksperimen efek Doppler untuk merumuskan efek Doppler
Mengerjakan soal intensitas bunyi
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah proses
melakukan pengamatan,diskusi, dan melakukan eksperimen siswa dapat :
·
Menyebutkan pengertian gelombang
·
Menyebutkan prinsip gelombang dan
keterkaitan antara getaran dengan gelombang
· Membedakan gelombang transversal,
longitudinal, mekanik dan gelombang elektromagnetik dilihat dari ciri-ciri fisiknya
· Menyebutkan aplikasi gelombang
transversal. Longitudinal, mekanik dan gelombang elekromagnetik dalam kehidupan
sehari-hari
·
Mengerjakan latihan soal tentang
frekuensi, cepat rambat gelombang dan panjang gelombang dari persamaan
gelombang berjalan
Pertemuan ketiga
·
Menyimpulkan dari hasil pengamatan fenomena
peristiwa resonansi dan suara pada dua
mobil yang saling berpapasan,
·
Mampu mengerjakan soal intensitas
bunyi berdasarkan persamaan taraf
intensitas bunyi
D. Materi
Pembelajaran
·
Frekuensi,
kecepatan rambat dan panjang gelombang
·
Gelombang transversal dan longitudinal
·
Gelombang
tali, gelombang permukaan air, gelombang bunyi dan gelombang cahaya
·
Interferensi,
resonansi, gelombang kejut, efek Doppler
Gelombang sonar, supersonik dan sonic boom, ultrasonik dan infrasonik, gelombang radio, gelombang
TV, dan RADAR
1)
Materi Fakta
-
Pengamatan gambar
melalui animasi
-
Alat dan bahan praktek dilaboratorium
2)
Materi Konsep
-
Ilmu fisika
-
Aplikasi jenis- jenis gelombang dalam
kehidupan sehari-hari
3)
Materi Prinsip
-
K3 ( Keselamatan, Kesehatan dan Kerja)
-
Prinsip kerja alat yang digunakan dalam
percobaan fisika
4)
Prosedur
-
Langkah kerja dalam mengamati jenis –jenis gelombang dari animasi
gambar yang disajikan
-
Langkah kerja dalam praktikum resonansi
dengan menggunakan garputala dan pengamatan dengan dengan dua buah mobil yang
saling berpapasan
E. Model
danMetodePembelajaran
Model
Pembelajaran : PBL (pertemuan pertama )
DL (pertemuan Ketiga)
MetodePembelajaran :Demonstrasi dan dikusi (pertemuan
pertama dan kedua)
F. Media,
Alat, danSumberPembelajaran
1.
Media: LKS
2.
Alat/Bahan:
Alat dan Bahan di Laboratorium
3.
Sumber
Belajar : internet
(gurumuda.net)
Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a. Membaca
do’a terlebih dahulu
b. Mengabsen
siswa
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Menuntun
siswa dengan mengajukan pertanyaan tetang topik gelombang dalam kehidupan
sehari-hari
e. Mengingatkan
kembali materi tentang frekuensi,
cepat rambat gelombang dan panjang gelombang pada keterkaitan dengan getaran
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
· Siswa
di bagikan materi gelombang
Mengamati
·
Siswa membaca bahan bacaan
terkait pengertian dan prinsip gelombang, dan keterkaitan antara getaran
dengan gelombang
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan hasil pengamatan, misalnya:
-
Mengajukan pertanyaan tentang
jenis gelombang berdasarkan sifat fisis gelombang
-
Latihan soal gelombang berjalan
Mengasosiasi
· Menganalisa
gelombang berjalan melalui persamaan gelombang berjalan
Mengkomunikasikan
· Membahas
bersama- sama latihan soal didepan kelas
|
|
3
|
Penutup
|
·
Bersama siswa menyebutkan
jenis-jenis gelombang
·
Memberikan tugas PR berupa
rangkuman catatan
|
15 Menit
|
Pertemuan kedua
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a. Membaca
do’a terlebih dahulu
b. Mengabsen
siswa
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Menuntun
siswa dengan langkah kerja dalam LKS
e. Membagi
siswa dalam beberapa kelompok
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
· Siswa
di bagikan LKS
Mengamati
·
Fenomena gerakan tali dan slinki
dalam perambatannya
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan
hasil pengamatan kepada siswa
Mengasosiasi
· Melakukan
eksperimen dengan menggunakan tali dan slinki untuk menyelidiki gelombang
longitudinal dan transversal
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
ciri-ciri gelombang longitudinal dan transversal didepan kelas
|
|
3
|
Penutup
|
·
Bersama siswa menyebutkan
ciri-ciri gelombang transversal dan longitudinal
·
Memberikan tugas tentang materi
berikut yaitu : interferensi, resonansi, gelombang kejut dan efek doppler
|
15 Menit
|
Pertemuan ketiga
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a. Membaca
do’a terlebih dahulu
b. Mengabsen
siswa
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Menuntun
siswa melihat tangki riak dan efek doppler pada youtube
e. Mengingatkan
kembali prinsip gelombang suara atau bunyi
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
·
Mengamati demonstrasi efek
doppler dan tangki riak pada video pembelajaran
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan efek doppler dan menemukan rumus tentang efek doppler
Mengasosiasi
· Melakukan
demonstrasi tentang efek doppler dan tangki riak
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
efek doppler dan tangki riak
|
|
3
|
Penutup
|
·
Bersama membentuk rumus efek
doppler
·
Memberikan PR latihan efek
doppler
|
15 Menit
|
H.
Penilaian
1.Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a. Bentuk
Instrumen berupa Tes: Tulis
b. Bentuk
Instrumen berupa Non Tes: melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi,
dan laporan tertulis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar