RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester :
XI /Ganjil
Materi
Pokok :
1.1
Hambatan dan rangkaian hambatan listrik
1.2 Hukum
Ohm
1.3 Hukum
I dan II kirchoff
Alokasi Waktu :
2 JP (3X PERTEMUAN)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif
dan proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas
berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam
pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah
secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
B. Kompetensi
Dasar dan Indikator
1.
pertemuan pertama
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
1.1.
Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan
yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor,
bumi dans eisinya
|
* mengamalkan ajaran agama yangn dianut dan menyadari kebesaran tuhan
* menghayati bahwa fenomena terhadap gerak, fluida, kalor, bumi dan
seisinya merupakan diciptakan oleh
Tuhan YME
|
2.1 Menunjukkan
perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat;
tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli
lingkungan
2.2. Menghargai
kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi
melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
|
* Mengamalkan perilaku ilmiah dan menunjukkan sikap yang
santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru
* mengamalkan sikap sportif dalam
mengambil solusi dari permasalahan yang timbul ketika terjadi perbedaan
pendapat dengan teman atau kelompok lain
|
3.1
Menerapkan hukum
kelistrikan arus searah
3.2
Menganalisa hubungan antara tegangan, hambatan, dan kuat arus pada
rangkaian listrik arus searah
|
·
Dapat
hukum kelistrikan pada arus searah
·
Dapat
menganalisa hubungan antara kuat arus, tegangan dan hambatan pada hokum ohm
·
Dapat
menyimpulkan hubungan antara kuat arus, tegangan dan hambatan dari hasil
pengamatan
|
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan Pertama
Setelah proses
melakukan pengamatan,diskusi, dan melakukan eksperimen siswa dapat :
*Menganalisa
hubungan kuat arus, tegangan atau hambatan dalam percobaan
* menjelaskan
hubungan kuat arus, tengangan atau
hambatan pada rangkaian paralel dan seri
* menjelaskan
aplikasi kuat arus, tegangan atau hambatan dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan kedua
* menjelaskan
hukum ohm
* menjelaskan
hukum Kirchoff I dan kirchoff II
D. Materi
Pembelajaran
·
Hambatan dan rangkaian hambatan listrik
·
Hukum ohm
·
Hukum I dan II kirchoff
1) Materi Fakta
-
Papan rangkaian,
baterai, lampu dan hambatan ( resistor )
2)
Materi Konsep
-
Ilmu fisika
-
Aplikasi rangkaian dalam kehidupan sehari-hari
3)
Materi Prinsip
-
K3 ( Keselamatan, Kesehatan dan Kerja)
-
Prinsip kerja alat yang digunakan dalam
percobaan fisika
4)
Prosedur
-
Langkah kerja dalam mengamati hubungan
antara kuat arus, tegangan atau hambatan listrik
E. Model danMetodePembelajaran
Model
Pembelajaran : Demontrasi, Diskusi, ,
dan tanya jawab.
MetodePembelajaran: Cooperative learning.
F. Media,
Alat, dan Sumber Pembelajaran
1. Media:
LKS
2. Alat/Bahan: Alat
dan Bahan di Laboratorium
3. Sumber Belajar: internet (gurumuda.net)dan
software phet )
G. Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.Membaca
do’a terlebih dahulu
b.Mengabsen
siswa
c.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.Menuntun
siswa dengan mengajukan pertanyaan tentang pengertian kuat arus, hambatan dan
tegangan berdasarkan rumus
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
· Siswa
di bagikan materi LKS tentang hubungan kuat arus, tegangan dan hambatan
Mengamati
·
Siswa mengamati hubungan kuat
arus, tegangan dan hambatan dalam
rangkaian kemudian mencatat dalam tabel pengamatan
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan hasil pengamatan, misalnya:
-
Setelah pengamatan apa yang
bagaimana hubungan kuat arus, tegangan dan hambatan
Mengeksplorasi
· siswa
melakukan praktikum untuk menyelidiki hubungan antara tegangan , kuat arus
dan hambatan (hukum ohm)
Mengasosiasi
·
menganalisa data percobaan hukum
ohm
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil percobaan hukum ohm
|
|
3
|
Penutup
|
·
Mengumpulkan laporan
|
15 Menit
|
Pertemuan kedua
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Membaca do’a terlebih dahulu
b.Mengabsen
siswa
c.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.memberikan
appersepsi
tentang hukum ohm mengenai
hubungan kuat arus , tegangan dan hambatan
e. memberikan simulasi tentang rangkaian parallel dan seri
f.Memberikan contoh soal mengenai
hukum I dan hukum II kirchoff
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
· Siswa
di bagikan materi
rangkaian seri dan parallel dan hukum I dan II kirchoff
Mengamati
·
Siswa mengamati hubungan kuat
arus, tegangan, dan hambatan pada
rangkaian seri dan
parallel dan juga pada hokum Kirchoff I dan II
Menanya
·
Mengajukan pertanyaan berkaitan
dengan hasil pengamatan, misalnya:
Tugas
mengerjakan latihan-latihan soal mengenai hukum kirchoff I dan II
Mengeksplorasi
· siswa
melakukan praktikum untuk menyelidiki hubungan antara tegangan , kuat arus
dan hambatan (hukum ohm dan kirchoff)
Mengasosiasi
·
menganalisa latihan soal hukum
kirchoff dan hokum ohm
Mengkomunikasikan
· Mengerjakan
soal hukum kirchoof didepan kelas
|
|
3
|
Penutup
|
·
Memberikan tugas PR
|
15 Menit
|
Pertemuan
ketiga
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Membaca do’a terlebih dahulu
b.Mengabsen
siswa
c.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.memberikan
appersepsi tentang hukum ohm dan hukum I dan II Kirchoff
e.Memberikan
latihan soal mengenai hukum ohm dan hukum kirchoff
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
· Siswa
di bagikan latihan soal
Mengamati
·
Siswa dengan teliti membaca
setiap butir soal
|
|
3
|
Penutup
|
·
Siswa mengumpulkan latihan soal
·
Tugas dirumah siswa mencatat daya
listrik dirumah, daya alat-alat elektronik yang ada dirumah masing-masing
dengan TDL sesuai dengan di tetapkan oleh pemerintah (khusus kelas TITL)
|
15 Menit
|
H. Penilaian
1. Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik
Penilaian:
a. Bentuk
Instrumen berupaTes: Tulis
b. Bentuk
Instrumen berupa Non Tes: melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi,
dan laporan tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar