Selasa, 24 Juli 2018

RPP Energi dan Daya SMA Kelas XI (K13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
           
Mata pelajaran             : FISIKA
Kelas/Semester            : XI /Ganjil
Materi Pokok               : 
1.1           Perhitungan energi dan daya listrik
1.2           Perhitungan daya alat-alat listrik
                 
Alokasi Waktu             : 2 JP (3X PERTEMUAN)

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar  dan Indikator
Pertemuan pertama
1.2  Mengolah informasi yang berkaitan dengan listrik statis dan dinamis
1.3  Menyelesaikan masalah teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan daya dan energi listrik
Pertemuan kedua
     4.3 Menyelesaikan masalah teknologi dan rekayasa yang berkaitan dengan daya dan energi listrik

C.     Tujuan Pembelajaran
 Pertemuan Pertama
Setelah proses melakukan pengamatan dengan dengan alat listrik  siswa dapat :
*mengelompokkan kegiatan yang berhubungan dengan kelistrikan sesuai dengan listrik statis dan listrik dinamis
* mendiskusikan tentang ciri-ciri listrik statis dan listrik dinamis
* menghitung energi dan daya yang datanya diambil dari rumah siswa masing-masing

Pertemuan kedua
* dapat mengitung tarif listrik diabayar per KWh selama 1 bulan

D.    Materi Pembelajaran

·                          Mengolah informasi yang berkaitan dengan listrik statis dan dinamis
·                           Menyelesaikan masalah teknologi dan rekayasa  yang berkaitan dengan daya dan energi listrik arus searah
1)      Materi Fakta
      -        Data daya alat-alat listrik dirumah siswa masing-masing
2)      Materi Konsep
      -          Ilmu fisika
      -          Konseptual  perhitungan energi listrik dan perhitungan tarif listrik
3)      Materi Prinsip
      -          K3 ( Keselamatan, Kesehatan dan Kerja)
4)    Prosedur
       -          Langkah kerja dalam menentukan perhitungan daya listrik dirumah

E.     Model dan Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran   : Demontrasi, Diskusi, , dan tanya jawab.
MetodePembelajaran: Cooperative learning.

F.      Media, Alat, danSumberPembelajaran
1.      Media: LKS
2.      Alat/Bahan: Alat dan Bahan di Laboratorium
3.      SumberBelajar:internet(gurumuda.net)


            G.    Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
a.Membaca do’a terlebih dahulu
b.Mengabsen siswa
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.Menuntun siswa mengajukan pertanyaan kepada penerapan lisrik statis pada kehidupan sehari-hari
e.



20 Menit
2
Inti
·      Siswa di bagikan kolom pengisian alat-alat listrik yang termasuk listrik statis dan dinamis
Mengamati
·      Siswa mengamati alat-alat listrik yang sesuai dengan listrik statis dan dinamis
Menanya
·      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan, misalnya:
-          Setelah pengamatan  manakah yang termasuk kedalam listrik statis dan dinamis
-          Apa ciri-ciri dari listrik statis dan listrik dinamis
Mengeksplorasi
·      siswa melakukan pegamatan pada alat-alat listrik
Mengasosiasi
·         menganalisa hasil pengamatan tentang alat-alat listrik
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil pengamatan didepan kelas

3
Penutup
·         Mengumpulkan laporan pengamatan

15 Menit

Pertemuan kedua
No.
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
a.Membaca do’a terlebih dahulu
b.Mengabsen siswa
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.Menuntun siswa mengajukan pertanyaan kepada penerapan lisrik statis pada kehidupan sehari-hari
e. perhitungan daya listrik sesuai dengan data pendukung  tentang pemakaian energi listrik dirumah



20 Menit
2
Inti
·      Siswa di bagikan  lembar kerja siswa
Mengamati
·      Siswa mengamati alat-alat listrik yang digunakan di rumah masing-masing
Menanya
·      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan, misalnya:
-          Berapakah energi yang digunakan selama 1 bulan dirumah masing-masing
-          Berapakah tarif yang dibayarkan selama 1 bulan
Mengeksplorasi
·      siswa melakukan pegisian data listrik untuk menghitung energi alat-alat listrik yang digunakan di rumah
Mengasosiasi
·         menganalisa hasil pengamatan tentang alat-alat listrik
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil pengamatan didepan kelas

3
Penutup
·         Mengumpulkan laporan pengamatan
·         Siswa membuat rangkuman materi

15 Menit

H. Penilaian
     1.BentukInstrumendanJenis/TeknikPenilaian:
a.      BentukInstrumenberupaTes: Tulis
b.     BentukInstrumenberupa Non Tes: melalui observasi kerja kelompok, kinerjapresentasi, danlaporantertulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar