Selasa, 24 Juli 2018

RPP Getaran Kelas XI (K13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata pelajaran             : FISIKA
Kelas/Semester            : XI /Ganjil
Materi Pokok              :  Getaran
·         Pengertian getaran
·         Gerak harmonik sederhana
·         Energi dalam gerak harmonik
·         Aplikasi gerak harmonik                                               
AlokasiWaktu             : 6 JP x 45 menit (3X PERTEMUAN)

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.       Kompetensi Dasar dan Indikator
Pertemuan pertama
Kompetensi dasar
Indikator
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya
* mengamalkan ajaran agama yang dianut dan menyadari kebesaran tuhan
* menghayati bahwa fenomena terhadap gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya  merupakan diciptakan oleh Tuhan YME
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan.
* Mengamalkan perilaku ilmiah dan menunjukkan sikap yang santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru
* mengamalkan sikap sportif dalam mengambil solusi dari permasalahan yang timbul ketika terjadi perbedaan pendapat dengan teman atau kelompok lain
3.1          Memahami konsep dan prinsip getaran dan gerak harmonik sederhana.

* memahami tentang prinsip getaran dan gerak harmonik sederhana
*memahami penerapan harmonik sederhana pada pegas dan ayunan bandul
* memahami hubungan periode dan frekuensi pada gerak harmonik sederhana
* memahami hubungan hukum Hooke dengan gerak harmonik sederhana pada pegas

Pertemuan kedua
Kompetensi dasar
Indikator
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya
* mengamalkan ajaran agama yang dianut dan menyadari kebesaran Tuhan
* menghayati bahwa fenomena terhadap gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya  merupakan diciptakan oleh Tuhan YME
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
* Mengamalkan perilaku ilmiah dan menunjukkan sikap yang santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru
* mengamalkan sikap sportif dalam mengambil solusi dari permasalahan yang timbul ketika terjadi perbedaan pendapat dengan teman atau kelompok lain
3.2 Menerapkan konsep dan prinsip energi dalam gerak harmonik sederhana

· menerapkan gerak harmonik pada percobaan sederhana pada ayunan bandul
·menerapkan konsep gerak harmonik sederhana dalam percobaan ayunan bandul
·menerapakan prinsip energi dalam gerak harmonik sederhana pada percobaan ayunan bandul


C.      Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
Setelah proses melakukan pengamatan, dan diskusi,  siswa dapat  :
             ·         Menyebutkan   pengertian getaran
             ·         Menyebutkan macam- macam gerak harmonik
             ·         Menjelaskan hubungan gerak harmonik sederhana dengan periode dan frekuensi
             ·         Menjelaskan perbedaan gerak harmonik pada pegas dengan ayunan bandul
             ·         Menyebutkan aplikasi dalam kehidupan sehari-hari

Pertemuan kedua :
Setelah proses melakukan pengamatan, demonstrasi dan diskusi kelompok, siswa dapat :
            ·         Menyimpulkan tentang pengaruh besar kecilnya periode pada ayunan bandul
            ·         Menjelaskan tentang hubungan antara frekuensi dan periode pada ayunan bandul
            ·         Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya

D.      MateriPembelajaran
·                               Pengertian getaran
·                               Gerak harmonik sederhana
·                               Energi dalam gerak harmonik sederhana
·                               Aplikasi gerak harmonik sederhana


1)    Materi Fakta
·         Bahan : merupakan sumber belajar dari internet atau animasi (pertemuan pertama)
·         Alat dan bahan : Statif, benang, busur derajat dari kayu, stopwatch, pemberat dan LK (pertemuan Kedua)
2)    Materi Konsep
      -          Ilmu fisika
      -          Modul pembelajaran tentang getaran dan gerak harmonik sederhana dan
      -          LK (pertemuan Kedua)
3)      Materi Prinsip
-K3 ( Keselamatan, Kesehatan dan Kerja)
-Prinsip kerja alat yang digunakan dalam percobaan fisika
4)    Prosedur
       -          Langkah kerja  untuk mendiskusikan materi getaran harmonik sederhana
  
E.       Model dan Metode Pembelajaran
Pertemuan pertama
Model Pembelajaran   : CTL (contektual teaching and leraning)
Metode Pembelajaran: diskusi dan tanya jawab
        Pertemuan kedua
Model Pembelajaran   : Discovery Learning (DL)
Metode Pembelajaran: diskusi dan tanya jawab

F.       Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Pertemuan Pertama dan pertemuan kedua
1.    Media: LKS
2.    Alat/Bahan: tayangan animasi
Sumber Belajar: internet (gurumuda.net )dan fisikasmkn4ptk.bogspot.com




G.      Langkah-langkah  Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
a.    Membaca do’a terlebih dahulu
b.    Mengabsen siswa
c.     Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.   Menuntun siswa dengan mengajukan pertanyaan tetang topik getaran dalam kehidupan sehari –hari
e.    Mengingatkan kembali materi tentang periode dan frekuensi pada materi gerak melingkar
f.    Siswa diberi penjelasan cara kerja kelompok



20 Menit
2
Inti
Mengamati
·      Siswa menyimak informasi mengenai getaran, gerak harmonik dan energi dalam gerak harmonik yang disampaikan guru lewat gambar animasi
Menanya
·      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan, misalnya:
-        Apa yang dimaksud dengan getaran ?
-        Mengapa ada timbulnya getaran ?
-        Seperti apakah gerak ayunan bandul dan pegas ?
-        Bagaimananakah hubungan antara frekuensi dan periode pada gerak harmonik sederhana pada pegas dan ayunan bandul ?
-        Sebutkan aplikasi getaran dalam kehidupan sehari-hari  !
Pengumpulan data
·      Mengkaji literatur (LKS) bersama-sama di dalam kelas
·      Membaca literatur tentang getaran harmonik, energi yang terjadi pada getaran harmonik

Mengasosiasi
·Menganalisa hubungan antara getaran dengan gerak harmonik sederhana 
·      Menyimpulkan hasil membaca tentang materi gerak harmonik sederhana

Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil membacanya didepan kelas
·      Menyampaikan kesimpulan berupa konsep dari hasil menyimak

3
Penutup
·         Guru dan bersama siswa membuat rangkuman akhir dari materi getaran dan gerak harmonik sederhana
·         Guru menyampaikan alat dan bahan yang harus dibawa siswa pada pertemuan kedua untuk melakukan percobaan
·         Guru memberikan PR kepada siswa berupa tes uraian

15 Menit

Pertemuan ke-dua
No.
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
a. Membaca do’a
b. mengabsen siswa
c. menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Membahas PR yang diberikan minggu lalu
e. memberikan appersepsi tentang teori ayunan bandul



20 Menit
2
Inti
·         Siswa dibagi dalam kelompok praktikum
Stimulation
Mengamati
·         siswa menyimak setiap langkah kerja yang dijelaskan oleh guru
·         Mendemonstrasikan terlebih dahulu yang berkaitan dengan tata cara melakukan percobaan ayunan bandul
Problem Statement
Menanya
Memberikan masalah yang berkaitan penyelidiki ayunan bandul
Yaitu :
·         Perhatikan percobaan pada tabel pertama. Apa yang terjadi pada periode dan frekuensinya ?
·         Perhatikan pada tabel kedua, apa yang terjadi pada periode dan frekuensinya ?
·         Manakah periode yang paling cepat dari hasil percobaan
·         Apa yang menyebabkan ? terjadinya cepat atau lambat periode pada ayunan bandul ?
Data Collection
Mengeksplorasi
    Melakukan percobaan /eksperimen dengan menggunakan bandul sederhana untuk memahami konsep frekuensi dan periode

Data Processing
    Mengolah data hasil percobaan /pengamatan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya periode pada ayunan bandul

3
Penutup
·         Guru memberikan informasi bahwa analisa data dan presentase kelompok dilakukan minggu depan
·         Memberikan salam penutup


15 Menit

Pertemuan ke-tiga

No.
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
a.Membaca do’a
b. mengabsen siswa
c. menyampaikan tujuan pembelajaran
d. guru mempersilakan setiap kelompok siswa membuat analisa data dan menyampaikan presentasi di depan kelas



20 Menit
2
Inti
Verification
·         Mengkomunikasikan
-          mengkoreksi jawaban bersama-sama


3
Penutup
·         menyampaikan materi selanjutnya


15 Menit

H. Penilaian
1. Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a.    Bentuk Instrumen berupaTes: Tulis
b.    Bentuk Instrumen berupa Non Tes: melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar