RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata pelajaran :
FISIKA
Kelas/Semester : XI /Ganjil
Materi
Pokok : Getaran
·
Pengertian
getaran
·
Gerak
harmonik sederhana
·
Energi
dalam gerak harmonik
·
Aplikasi
gerak harmonik
AlokasiWaktu :
6
JP x 45 menit (3X PERTEMUAN)
A.
Kompetensi Inti (KI)
KI 1
|
:
|
Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
|
KI 2
|
:
|
Menghayati dan
mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong,
kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, serta menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
|
KI 3
|
:
|
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
KI 4
|
:
|
Mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
|
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pertemuan
pertama
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
1.1.
Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena
gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya
|
* mengamalkan ajaran agama yang dianut
dan menyadari kebesaran tuhan
* menghayati bahwa fenomena terhadap
gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya
merupakan diciptakan oleh Tuhan YME
|
2.1. Menunjukkan perilaku ilmiah
(memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan.
|
* Mengamalkan perilaku ilmiah dan
menunjukkan sikap yang santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru
* mengamalkan sikap sportif dalam mengambil solusi dari permasalahan yang
timbul ketika terjadi perbedaan pendapat dengan teman atau kelompok lain
|
3.1
Memahami konsep
dan prinsip getaran dan gerak harmonik sederhana.
|
* memahami tentang prinsip getaran dan gerak
harmonik sederhana
*memahami penerapan harmonik sederhana pada pegas dan ayunan bandul
* memahami hubungan periode dan frekuensi pada gerak harmonik sederhana
* memahami hubungan hukum Hooke dengan gerak harmonik sederhana pada pegas
|
Pertemuan kedua
Kompetensi dasar
|
Indikator
|
1.1.
Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam
terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.
Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena
gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya
|
* mengamalkan ajaran agama yang dianut
dan menyadari kebesaran Tuhan
* menghayati bahwa fenomena terhadap
gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya
merupakan diciptakan oleh Tuhan YME
|
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki
rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati;
bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok
dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan
dan melaporkan hasil percobaan
|
* Mengamalkan perilaku ilmiah dan
menunjukkan sikap yang santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru
* mengamalkan sikap sportif dalam mengambil solusi dari permasalahan yang
timbul ketika terjadi perbedaan pendapat dengan teman atau kelompok lain
|
3.2 Menerapkan konsep dan prinsip
energi dalam gerak harmonik sederhana
|
· menerapkan gerak harmonik pada percobaan sederhana
pada ayunan bandul
·menerapkan konsep gerak harmonik sederhana dalam
percobaan ayunan bandul
·menerapakan prinsip energi dalam gerak harmonik
sederhana pada percobaan ayunan bandul
|
C.
Tujuan Pembelajaran
Pertemuan
pertama:
Setelah proses
melakukan pengamatan, dan diskusi, siswa dapat :
·
Menyebutkan pengertian getaran
·
Menyebutkan
macam- macam gerak harmonik
·
Menjelaskan
hubungan gerak harmonik sederhana dengan periode dan frekuensi
·
Menjelaskan
perbedaan gerak harmonik pada pegas dengan ayunan bandul
·
Menyebutkan
aplikasi dalam kehidupan sehari-hari
Pertemuan kedua :
Setelah proses
melakukan pengamatan, demonstrasi dan diskusi kelompok, siswa dapat :
·
Menyimpulkan
tentang pengaruh besar kecilnya periode pada ayunan bandul
·
Menjelaskan
tentang hubungan antara frekuensi dan periode pada ayunan bandul
·
Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya
D.
MateriPembelajaran
·
Pengertian
getaran
·
Gerak
harmonik sederhana
·
Energi
dalam gerak harmonik sederhana
·
Aplikasi
gerak harmonik sederhana
1)
Materi Fakta
·
Bahan : merupakan
sumber belajar dari internet atau animasi (pertemuan pertama)
·
Alat dan bahan : Statif, benang,
busur derajat dari kayu, stopwatch, pemberat dan LK (pertemuan Kedua)
2)
Materi Konsep
-
Ilmu fisika
-
Modul pembelajaran tentang getaran dan gerak harmonik
sederhana dan
-
LK (pertemuan Kedua)
3)
Materi Prinsip
-K3 (
Keselamatan, Kesehatan dan Kerja)
-Prinsip kerja
alat yang digunakan dalam percobaan fisika
4)
Prosedur
-
Langkah kerja
untuk mendiskusikan materi getaran harmonik sederhana
E.
Model dan Metode Pembelajaran
Pertemuan
pertama
Model
Pembelajaran : CTL (contektual teaching
and leraning)
Metode Pembelajaran: diskusi dan tanya
jawab
Pertemuan kedua
Model
Pembelajaran : Discovery Learning (DL)
Metode Pembelajaran: diskusi dan tanya
jawab
F.
Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan pertemuan kedua
1. Media: LKS
2.
Alat/Bahan: tayangan animasi
Sumber
Belajar: internet (gurumuda.net )dan
fisikasmkn4ptk.bogspot.com
G.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.
Membaca do’a terlebih dahulu
b.
Mengabsen siswa
c.
Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.
Menuntun siswa dengan mengajukan pertanyaan tetang
topik getaran dalam kehidupan sehari –hari
e.
Mengingatkan kembali materi tentang periode dan
frekuensi pada materi gerak melingkar
f.
Siswa diberi penjelasan cara kerja kelompok
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
Mengamati
·
Siswa menyimak informasi mengenai getaran, gerak
harmonik dan energi dalam gerak harmonik yang disampaikan guru lewat gambar
animasi
Menanya
· Mengajukan
pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan, misalnya:
-
Apa yang dimaksud dengan getaran ?
-
Mengapa ada timbulnya getaran ?
-
Seperti apakah gerak ayunan bandul dan pegas ?
-
Bagaimananakah hubungan antara frekuensi dan
periode pada gerak harmonik sederhana pada pegas dan ayunan bandul ?
-
Sebutkan aplikasi getaran dalam
kehidupan sehari-hari !
Pengumpulan
data
· Mengkaji literatur (LKS) bersama-sama di dalam
kelas
· Membaca
literatur tentang getaran harmonik, energi yang terjadi pada getaran harmonik
Mengasosiasi
·Menganalisa
hubungan antara getaran dengan gerak harmonik sederhana
·
Menyimpulkan hasil membaca
tentang materi gerak harmonik sederhana
Mengkomunikasikan
· Mempresentasikan
hasil membacanya didepan kelas
· Menyampaikan
kesimpulan berupa konsep dari hasil menyimak
|
|
3
|
Penutup
|
·
Guru dan bersama siswa membuat rangkuman akhir dari materi
getaran dan gerak harmonik sederhana
·
Guru menyampaikan alat dan bahan yang harus dibawa
siswa pada pertemuan kedua untuk melakukan percobaan
·
Guru memberikan PR kepada siswa berupa tes uraian
|
15 Menit
|
Pertemuan ke-dua
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a. Membaca
do’a
b. mengabsen
siswa
c.
menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Membahas PR
yang diberikan minggu lalu
e. memberikan
appersepsi tentang teori ayunan bandul
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
·
Siswa dibagi dalam kelompok praktikum
Stimulation
Mengamati
·
siswa menyimak setiap langkah kerja yang
dijelaskan oleh guru
·
Mendemonstrasikan terlebih dahulu yang berkaitan
dengan tata cara melakukan percobaan ayunan bandul
Problem Statement
Menanya
Memberikan masalah yang berkaitan
penyelidiki ayunan bandul
Yaitu :
·
Perhatikan percobaan pada tabel pertama. Apa yang
terjadi pada periode dan frekuensinya ?
·
Perhatikan pada tabel kedua, apa yang terjadi pada
periode dan frekuensinya ?
·
Manakah periode yang paling cepat dari hasil
percobaan
·
Apa yang menyebabkan ? terjadinya
cepat atau lambat periode pada ayunan bandul ?
Data Collection
Mengeksplorasi
Melakukan percobaan /eksperimen dengan
menggunakan bandul sederhana untuk memahami konsep frekuensi dan periode
Data Processing
Mengolah data hasil percobaan /pengamatan
mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya periode pada ayunan
bandul
|
|
3
|
Penutup
|
·
Guru memberikan informasi bahwa analisa data dan
presentase kelompok dilakukan minggu depan
·
Memberikan salam penutup
|
15 Menit
|
Pertemuan ke-tiga
No.
|
Kegiatan
|
Deskripsi
|
AlokasiWaktu
|
1
|
Pendahuluan
|
a.Membaca
do’a
b.
mengabsen siswa
c.
menyampaikan tujuan pembelajaran
d.
guru mempersilakan setiap kelompok siswa membuat analisa data dan
menyampaikan presentasi di depan kelas
|
20 Menit
|
2
|
Inti
|
Verification
·
Mengkomunikasikan
-
mengkoreksi jawaban bersama-sama
|
|
3
|
Penutup
|
·
menyampaikan materi selanjutnya
|
15 Menit
|
H. Penilaian
1. Bentuk Instrumen dan Jenis/Teknik Penilaian:
a.
Bentuk Instrumen berupaTes: Tulis
b.
Bentuk Instrumen berupa Non Tes: melalui
observasi kerja kelompok, kinerja presentasi, dan laporan tertulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar