RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Tekanan Zat
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah
pembelajaran peserta didik diharapkan :
1. Peserta didik dapat menjelaskan pengertian
tekanan.
2. Peserta didik
dapat memahami konsep tekanan pada zat padat.
3. Peserta didik
dapat mengetahui faktor-raktor yang mempengaruhi tekanan zat padat.
B. Kompetensi Inti
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.8
Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari,
termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada
tumbuhan
|
3.8.1 Mendeskripsikan
konsep tekanan pada zat padat dan contoh dalam kehidupan sehari-hari
|
4.8
Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair
pada kedalaman tertentu, daya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang
tumbuhan
|
4.8.1 Menyajikan data hasil
percobaan tekanan pada zat padat
|
D.
Materi
Pembelajaran
Pada
materi sebelumnya tentang Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar,
pada pembelajaran tersebut kita pernah membahas tentang gaya. Gaya dapat berupa
tarikan maupun dorongan. Gaya dapat mengubah bentuk, arah, dan kecepatan benda.
Apa itu tekanan? Dalam kehidupan sehari-hari tekanan adalah fenomena yang umum ditemui. Banyak peristiwa disekitar
kita yang berhubungan dengan tekanan. Misalnya, berjalan di atas tanah yang
lembek, apa yang terjadi pada bagian tanah yang terinjak? Ternyata bagian tanah
yang terinjak akan tertekan ke bawah seluas alas sepatu. Hal itu karena
terdapat gaya yang dikerjakan kaki pada tanah seluas bidang tekan
alas sepatu.
Sama halnya dengan fenomena pada bebek dan ayam. Bebek
dapat dengan mudah mencari makanan ditempat yang berlumpur, sedangkan ayam
kesulitan untuk mencari makan ditempat tersebut. Mengapa demikian? coba
perhatikan struktur dari kaki bebek dan ayam. Bebek memiliki selaput pada
kakinya, sedangkan ayam tidak memilikinya. Dengan permukaan pijakan yang luas
pada bebek sehingga menyebabkan tekanan yang dihasilkan oleh kaki terhadap
lumpur semakin kecil, sehingga bebek tidak mudah terperosok kedalam lumpur.
Dapat dikatakan bahwa tekanan merupakan besarnya gaya
per satuan luas permukaan tempat gaya itu bekerja.
Sehingga apabila gaya yang diberikan semakin besar, maka
tekanan yang dihasilkan akan semakin besar. Sebaliknya, semakin luas permukaan
suatu benda, tekanan yang dihasilkan semakin kecil.
Secara matematis dapat dituliskan,
P = F / A
|
Contoh soal :
Indah bermain ski salju dengan menggunakan sepatu salju,
kemudian memberikan gaya sebesar 200 N, dan luas permukaan sepatu salju indah
sebesar 2 m2. Tentukan besar tekanan yang diberikan indah terhadap
tanah !
Penyelesaian :
Diketahui:
F
= 200 N
A
= 2 m2
Ditanya:
P
?
Jawab:
P
= F / A
= 200 / 2
= 100 Pa
E. Kegiatan Pembelajaran
Model
Saintifik
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model saintifik
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi (stimulasi)
|
· Guru mengucapkan salam
dan membimbing
peserta didik untuk ber do’a sebelum memulai pembelajaran
· Guru mengecek kebersihan
kelas dan kehadiran peserta didik dan
memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
· Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pada
materi sebelumnya “pada materi sebelumnya kita pernah membahas tentang gaya,
gaya dapat berupa tarikan atau dorongan, dapat mengubah bentuk, arah dan
kecepatan benda. Apa hubungan pada materi sekarang tentang tekanan?”
· Guru melakukan motivasi dengan
menanyakan kepada peserta didik “pernahkah kalian berjalan diatas tanah yang
lembek? Apa yang terjadi? tanah yang kita injak tersebut membentuk bekas
pijakan seluas sepatu kita. Maka kita telah memberikan gaya terhadap tanah
tersebut sehingga terbentuklah bekas pijakan.”
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
|
10 menit
|
Inti
|
1. Mengamati
|
· Guru menjelaskan materi yang terkait
· Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
|
60 menit
|
2. Menanya
|
· Guru
melakukan tanya jawab kepada peserta didik
|
||
3. Mengumpulkan informasi/mencoba
|
· Guru
membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
· Guru
memberikan lembar kerja siswa kepada setiap kelompok
· Guru
menjelaskan proses pengerjaan lembar kerja siswa
|
||
4. Menalar / Mengasosiasi
|
· Setiap
kelompok mendiskusikan dan menyelesaikan lembar kerja siswa yang telah
diberikan selama 20 menit
· Guru
membimbing peserta didik dalam mengerjakan lembar kerja siswa
|
||
5. Mengkomunikasikan
|
· Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kepada
guru
· Guru meminta perwakilan salah satu kelompok
untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
|
||
Penutup
|
Verifikasi
|
·
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Guru memberikan penguatan materi kepada peserta didik
·
Guru memberikan soal individu untuk mengetahui pemahaman peserta didik
·
Guru mengucapkan salam
|
10
menit
|
F. Media Pembelajaran
·
Media : Power Point
·
Alat dan Bahan : LCD, Papan
Tulis, Lembar Kerja Siswa (LKS), plastisin, beban
G. Sumber Belajar
·
Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 2
·
Modul Pembelajaran tentang tekanan
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan
Pengayaan
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar
Pengamatan
|
·
Tes Unjuk
Kerja
|
·
Tes
Penilaian Kinerja (LKS)
|
·
Tes tertulis
|
·
Soal
Pengetahuan
|
1. Penilaian Pengetahuan
a. Instrument Penilaian Pengetahuan
No
|
Bentuk Soal
|
Instrumen Soal
|
1
|
Pilihan Ganda
|
|
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
b. Kunci
Jawaban dan Pedoman
Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1.
|
||
2.
|
||
3.
|
||
4.
|
||
5.
|
||
Total Skor
|
2.
Penilaian
Sikap
1.
Instrumen Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Catatan
Perilaku
|
Butir Sikap
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar