Selasa, 17 Juli 2018

RPP Tekanan Zat Padat (SMP) K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran              : IPA
Kelas / Semester             : VIII / Ganjil
Materi Pokok                 : Tekanan Zat
Alokasi Waktu               : 2 x 40  menit

             A.    Tujuan Pembelajaran
 Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan :
              1.      Peserta didik dapat menjelaskan pengertian tekanan.
              2.      Peserta didik dapat memahami konsep tekanan pada zat padat.
              3.      Peserta didik dapat mengetahui faktor-raktor yang mempengaruhi tekanan zat padat.

B.       Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.    Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.8  Menjelaskan tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari, termasuk tekanan darah, osmosis, dan kapilaritas jaringan angkut pada tumbuhan
3.8.1 Mendeskripsikan konsep tekanan pada zat padat dan contoh dalam kehidupan sehari-hari
4.8  Menyajikan data hasil percobaan untuk menyelidiki tekanan zat cair pada kedalaman tertentu, daya apung, dan kapilaritas, misalnya dalam batang tumbuhan
4.8.1 Menyajikan data hasil percobaan tekanan pada zat padat

D.    Materi Pembelajaran
Pada materi sebelumnya tentang Gerak Benda dan Makhluk Hidup di Lingkungan Sekitar, pada pembelajaran tersebut kita pernah membahas tentang gaya. Gaya dapat berupa tarikan maupun dorongan. Gaya dapat mengubah bentuk, arah, dan kecepatan benda.
Apa itu tekanan? Dalam kehidupan sehari-hari tekanan adalah fenomena yang umum ditemui. Banyak peristiwa disekitar kita yang berhubungan dengan tekanan. Misalnya, berjalan di atas tanah yang lembek, apa yang terjadi pada bagian tanah yang terinjak? Ternyata bagian tanah yang terinjak akan tertekan ke bawah seluas alas sepatu. Hal itu karena terdapat gaya yang dikerjakan kaki pada tanah seluas bidang tekan alas sepatu. 
Sama halnya dengan fenomena pada bebek dan ayam. Bebek dapat dengan mudah mencari makanan ditempat yang berlumpur, sedangkan ayam kesulitan untuk mencari makan ditempat tersebut. Mengapa demikian? coba perhatikan struktur dari kaki bebek dan ayam. Bebek memiliki selaput pada kakinya, sedangkan ayam tidak memilikinya. Dengan permukaan pijakan yang luas pada bebek sehingga menyebabkan tekanan yang dihasilkan oleh kaki terhadap lumpur semakin kecil, sehingga bebek tidak mudah terperosok kedalam lumpur.
Dapat dikatakan bahwa tekanan merupakan besarnya gaya per satuan luas permukaan tempat gaya itu bekerja.
Sehingga apabila gaya yang diberikan semakin besar, maka tekanan yang dihasilkan akan semakin besar. Sebaliknya, semakin luas permukaan suatu benda, tekanan yang dihasilkan semakin kecil.
Secara matematis dapat dituliskan,
                                                   P = F / A

        Ket : P = tekanan (N/m2 atau Pa)
                F = gaya (N)
               A = luas permukaan (m2)
 

           Faktor yang mempengaruhi sebuah tekanan adalah besarnya gaya tekan dan luas                  permukaan/ bidang tekan.
Contoh soal :
Indah bermain ski salju dengan menggunakan sepatu salju, kemudian memberikan gaya sebesar 200 N, dan luas permukaan sepatu salju indah sebesar 2 m2. Tentukan besar tekanan yang diberikan indah terhadap tanah !
Penyelesaian :
Diketahui:
F = 200 N
A = 2 m2
Ditanya:
P ?
Jawab:
P = F / A
    = 200 / 2
    = 100 Pa


E.  Kegiatan Pembelajaran
Model Saintifik
Kegiatan
Langkah-langkah Model saintifik
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulasi)

·   Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta didik untuk ber do’a sebelum memulai pembelajaran
·   Guru mengecek kebersihan kelas dan kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
·   Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pada materi sebelumnya “pada materi sebelumnya kita pernah membahas tentang gaya, gaya dapat berupa tarikan atau dorongan, dapat mengubah bentuk, arah dan kecepatan benda. Apa hubungan pada materi sekarang tentang tekanan?”
·   Guru melakukan motivasi dengan menanyakan kepada peserta didik “pernahkah kalian berjalan diatas tanah yang lembek? Apa yang terjadi? tanah yang kita injak tersebut membentuk bekas pijakan seluas sepatu kita. Maka kita telah memberikan gaya terhadap tanah tersebut sehingga terbentuklah bekas pijakan.”
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
10 menit
Inti
1. Mengamati
·  Guru menjelaskan materi yang terkait
·  Peserta didik memperhatikan penjelasan guru
60 menit
2. Menanya
·   Guru melakukan tanya jawab kepada peserta didik
3. Mengumpulkan informasi/mencoba
·  Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok
·  Guru memberikan lembar kerja siswa kepada setiap kelompok
·  Guru menjelaskan proses pengerjaan lembar kerja siswa
4. Menalar / Mengasosiasi
·   Setiap kelompok mendiskusikan dan menyelesaikan lembar kerja siswa yang telah diberikan selama 20 menit
·   Guru membimbing peserta didik dalam mengerjakan lembar kerja siswa
5. Mengkomunikasikan
·  Peserta didik mengumpulkan hasil diskusi kepada guru
·  Guru meminta perwakilan salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka
Penutup
Verifikasi
·   Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
·   Guru memberikan penguatan materi kepada peserta didik
·   Guru memberikan soal individu untuk mengetahui pemahaman peserta didik
·   Guru mengucapkan salam
10 menit
       
       F.     Media Pembelajaran
·         Media                 : Power Point
·         Alat dan Bahan  : LCD, Papan Tulis, Lembar Kerja Siswa (LKS), plastisin, beban

       G.    Sumber Belajar
·         Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 2
·         Modul Pembelajaran tentang tekanan

       H.    Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Penilaian Kinerja (LKS)
·         Tes tertulis
·         Soal Pengetahuan

                                                                                             

            1.    Penilaian Pengetahuan
a.    Instrument Penilaian Pengetahuan
No
Bentuk Soal
Instrumen Soal
1
Pilihan Ganda

2

3

4

5


b.    Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran 
No
Kunci Jawaban
Skor
1.


2.


3.


4.


5.


Total Skor



2.    Penilaian Sikap
1.         Instrumen Penilaian
No
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
1



2



3



4



5




Tidak ada komentar:

Posting Komentar