RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Mata Pelajaran : FISIKA
Kelas/Semester : X / 1
Materi pokok : Hukum Newton
Alokasi Waktu : 6 JP ( 3 kali pertemuan X 2 JP )
A.
Kompetensi
Inti (KI)
KI 1 : Menghayati
dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya.
KI 2 : Mengembangkan
perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama,
cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari
solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3 : Memahami
dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
KI 4 :
Mengolah,
menalar,
dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator
3.6. Menerapkan Hukum Newton dan konsep Gaya.
4.3.
Menganalisis gerak lurus berubah beraturan menggunakan hukum Newton.
C. Indikator
1.6.1
Menerapkan
hukum I, II, dan III Newton dalam kehidupan sehari-hari.
1.6.2
Menerapkan
prinsip gaya dan interaksi dalam kehidupan sehari – hari.
1.6.3
Memahami
perbedaan antara massa dan berat.
4.3.1
Melakukan percobaan sederhana tentang hukum I Newton.
4.3.2
Melakukan
percobaan sederhana tentang hukum II Newton.
4.3.3
Melakukan
percobaan sederhana tentang hukum III Newton.
D.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati demonstrasi , melakukan percobaan dan
berdiskusi siswa diharapkan mampu :
1.
Menjelaskan pengertian massa
benda dan berat benda.
2.
Memformulasikan hukum I Newton.
3.
Menjelaskan
pengertian rumus hukum II Newton.
4.
Mengidentifikasi
besaran-besaran yang menentukan hukum II Newton.
5.
Menentukan hubungan
antara hukum I dengan hukum II Newton.
6.
Merumuskan persamaan hukum
II Newton dalam berbagai keadaan.
7.
Menjelaskan pengertian
aksi dan reaksi pada hukum III Newton.
8.
Menyebutkan alat atau
produk teknologi yang menerapkan hukum Newton.
9.
Menunjukkan perilaku
ilmiah dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
10. Menyadari
kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya
E.
Materi
Pembelajaran
·
Gaya
dan interaksi
·
Hukum
I, II dan III Newton
·
Massa
dan berat
·
Diagram
benda bebas
·
Gaya
gesekan
·
Gerak
pada bidang miring
F.
Metode
Pembelajaran
·
Pendekatan
: Keterampilan
proses sains / saintific
· Model : Discovery Learning
·
Model : Demonstrasi,
Eksperimen, Diskusi kelompok,
Tanya
jawab
G. Media, Alat dan Sumber Belajar
·
Media :
Cetak
dan elektronik (internet),
LKS
·
Alat
: bola, katrol, tali
·
Sumber Belajar :
Buku Siswa Fisika
Kelas X
H. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan - 1 : Gaya Dan interaksi
; Massa dan Berat ( 2 x 45 menit )
TAHAP
PEMBELAJARAN
|
RINCIAN PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
Mengucap
salam
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Melakukan
refleksi terhadap pembelajaran sebelumnya
Melakukan apersepsi dengan menyebutkan alat-alat
sehari-hari yang merupakan aplikasi Hukum Newton
|
15 menit
|
KEGIATAN INTI
1. Stimulation (simullasi/Pemberian
rangsangan)
|
· Mengamati
demonstrasi mengangkat bola dan menggelindingkannya di
permukaan datar.
· Mengamati gerak benda yang ditarik atau di doron
· Mengamati presentasi
media flash tentang aplikasi gaya yang bekerja pada suatu benda dan
interaksinya.
· Mengamati pengukuran massa bola.
|
60
Menit
|
2. Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi masalah)
|
· Guru
memberikan masalah yang berkaitan dengan fenomena penyebab benda bergerak dan contohnya.
·
Mengapa bola didorong dan dilepaskan di atas
permukaan datar bisa menggelinding ?
·
Mengapa bola yang bergerak pada
akhirnya bisa berhenti menggelinding ?
|
|
3. Data collection (pengumpulandata)
|
·
Melakukan percobaan sederhana
untuk menyelidiki hubungan massa benda dengan percepatan grafitasi bumi.
·
Menentukan jenis, besar, dan arah
gaya yang bekerja terhadap benda bergerak pada bidang datar.
·
Menentukan besar dan arah gaya yang bekerja terhadap benda bergerak
pada bidang miring.
|
|
4. Data processing (pengolahan Data)
|
·
Mengolah data hasil pengamatan untuk mencari hubungan antara gaya dan arah dengan permukaan bidang
akibat dari keadaan tersebut.
·
Mengolah data hasil pengamatan untuk mencari hubungan antara massa dan berat suatu benda.
|
|
5. Verification (pembuktian)
|
·
Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan dan membandingkanpengolahan dengan
data-data pada buku sumber
|
|
6. Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
|
·
Membuat kesimpulan dari kegiatan
yang telah dilakukan sehingga menemukan hubungan antara massa benda, gaya,
arah terhadap permukaan bidang dan
akibat /konsekwensi dari keadaan tersebut.
|
|
PENUTUP
|
·
Memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat rangkuman dan melakukan
refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
·
Menutup pelajaran dengan mengucap salam
|
15 menit
|
Pertemuan – 2 : hukum
I, II dan III Newton ( 2 x 45 menit )
TAHAP
PEMBELAJARAN
|
RINCIAN
PEMBELAJARAN
|
Waktu
|
PENDAHULUAN
|
Mengucap
salam
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
Melakukan
refleksi terhadap pembelajaran sebelumnya
Melakukan apersepsi dengan menyebutkan alat-alat
sehari-hari yang merupakan aplikasi Hukum Newton
|
15 menit
|
KEGIATAN INTI
7. Stimulation (simullasi/Pemberian
rangsangan)
|
· Mengamati
demonstrasi mengangkat bola dan
menggelindingkannya di permukaan datar.
· Mengamati peragaan sifat kelembaman bola.
· Mengamati gerak benda yang ditarik atau di dorong.
· Mengamati gerak benda ditarik tali melalui katrol.
· Mengamati presentasi
media flash tentang aplikasi hukum Newton.
|
60
Menit
|
8. Problem statemen
(pertanyaan/identifikasi masalah)
|
· Guru
memberikan masalah yang berkaitan dengan fenomena penyebab benda bergerak dan contohnya.
·
Mengapa bola didorong dan
dilepaskan di atas permukaan datar bisa menggelinding ?
·
Mengapa bola yang bergerak pada
akhirnya bisa berhenti menggelinding ?
|
|
9. Data collection (pengumpulandata)
|
·
Melakukan percobaan sederhana
untuk menyelidiki hubungan massa benda dengan percepatan grafitasi bumi.
·
Menentukan jenis, besar, dan arah
gaya yang bekerja terhadap benda bergerak pada bidang datar.
·
Menentukan besar dan arah gaya yang bekerja terhadap benda bergerak
pada bidang miring.
·
Menentukan besar dan arah gaya yang bekerja terhadap benda bergerak
pada sistem katrol.
|
|
10.
Data
processing (pengolahan Data)
|
·
Mengolah data hasil pengamatan untuk mencari hubungan antara gaya dan arah dengan permukaan bidang akibat
dari keadaan tersebut.
|
|
11.
Verification
(pembuktian)
|
·
Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan
pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan dan membandingkanpengolahan dengan
data-data pada buku sumber
|
|
12.
Generalization
(menarik kesimpulan/generalisasi)
|
·
Membuat kesimpulan dari kegiatan
yang telah dilakukan sehingga menemukan hubungan antara massa benda, gaya,
arah terhadap permukaan bidang dan
akibat /konsekwensi dari keadaan tersebut.
|
|
PENUTUP
|
·
Memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat rangkuman dan melakukan
refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
·
Menutup pelajaran dengan mengucap salam
|
15 menit
|
Pertemuan
– 3
Ulangan
Harian ( 2 JP )
I. Penilaian
1.
Jenis / Teknik Penilaian
a.Sikap : Observasi/ Pengamatan dan Penilaian Diri
b.Pengetahuan
: Test Tulis , Isian
c.Keterampilan
: Tes praktek dan proyek
2. Bentuk
Instrumen dan Instrumen
Skala Penilaian
(rating scale ) pengamatan sikap dan daftar cek penilaian diri
Instrumen Pengamatan Sikap
No
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
NILAI
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
Rasa
ingin tahu
|
|
|
|
|
|
2
|
Kejujuran
|
|
|
|
|
|
3
|
Ketelitian
|
|
|
|
|
|
4
|
Ketekunan
|
|
|
|
|
|
5
|
Kerjasama
|
|
|
|
|
|
6
|
Keterbukaan
|
|
|
|
|
|
7
|
Kreatif
|
|
|
|
|
|
8
|
Tanggungjawab
|
|
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|
|
|
|
Instrumen Tes Tertulis
:
A.
Isilah
dengan jawaban singkat dan tepat !
1.
Jelaskan tentang konsep hukum I Newton !
2.
Apakah
perbedaan antara massa dengan berat ?
3.
Bagaimanakah
hubungan antara gaya dengan percepatan grafitasi bumi ?
4.
Jelaskan
rumus hukum II Newton !
5.
Jelaskan
rumus hukum III Newton !
Instrumen Penilaiaan Melakukan Percobaan
No
|
ASPEK
YANG DINILAI
|
NILAI
|
||
3
|
2
|
1
|
||
1
|
Menyiapkan
perlengkapan
|
|
|
|
2
|
Mengamati
kegiatan
|
|
|
|
3
|
Menggambar
sketsa /diagram
|
|
|
|
4
|
Membuat
kesimpulan
|
|
|
|
5
|
Membuat
contoh aplikasi hukum Newton
|
|
|
|
|
Total
Skor
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar