Senin, 09 Juli 2018

RPP GERAK MELINGKAR BERATURAN SMA KELAS X (K13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran            : FISIKA
Kelas/Semester            : X / 1
Materi pokok               : Gerak Melingkar Dengan Kecepatan Dan Percepatan Konstan
Alokasi Waktu            : 4 JP ( 2 kali pertemuan  X 2 jp )

A.      Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.       Kompetensi Dasar
3.3  Memahami gerak melingkar dengan laju tetap dan gerak melingkar dengan percepatan sudut tetap.
4.3 Menyajikan hasil pengamatan terhadap gerak benda ke dalam grafik.

C. Indikator
1.1     Memahami pengertian gerak melingkar.
1.2     Membedakan antara kecepatan linier dengan kecepatan sudut.
1.3     Memahami percepatan sentripetal.
1.4     Membedakan antara gerak melingkar beraturan dengan gerak melingkar berubah beraturan.
1.5     Memahami perioda dan frekuensi gerak melingkar.
4.1   Menggambarkan grafik jarak sebagai fungsi waktu.
4.2  Menyimpulkan karakteristik gerak melingkar beraturan (GMB) melalui percobaan    dan pengukuran besaran-besaran terkait.
 4.3    Menerapkan besaran-besaran fisika dalam GMBB dalam bentuk persamaan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.


            D.      Tujuan Pembelajaran
Setelah proses mengamati, menanya, berdiskusi, melaksanakan percobaan, mengasosiasi dan mengkomunikasikan siswa :
1.             Dapat menganalisis besaran fisika pada gerak melingkar dengan kecepatan sudut dan kecepatan linier dengan percepatan kostan.
2.             Dapat menggambarkan grafik perubahan kecepatan sebagai fungsi waktu.
3.             Dapat mengembangkan karakter siswa tentang kreatif, teliti, cermat, dan rasa ingin tahu
4.             Mampu mengembangkan kedisiplinan, kejujuran, kerja sama, kepedulian dan tanggungjawab
5.             Mampu menghargai kebesaran terhadap Tuhan Yang Maha Esa

E.      Materi Ajar
1)        Materi Fakta
-      Berbagai gambar/Foto/video berbagai contoh Gerak Melingkar Beraturan dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan.

2)        Materi Konsep
·      Pengertian gerak melingkar beraturan dan berubah beraturan.
·      Pengertian frekuensi dan perioda.
·      Pengertian kecepatan linier dan kecepatan sudut.
·      Perbedaan percepatan dan kecepatan konstan melalui grafik

3)        Materi Prinsip
Gerak melingkar
·         Besaran-besaran pada gerak melingkar yaitu tentang kecepatan linier dan kecepatan sudut.
·         Grafik kecepatan sudut dan linier posisi Gerak Melingkar Beraturan (GMB).
Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB)
·         Mempelajari grafik kecepatan linier dan sudut terhadap waktu.

F.       Metode Pembelajaran
·           Eskperimen
·           Pengaamatan
·           Ceramah
·           Diskusi
·           Tanya jawab
·           Penugasan

G.       Media, Alat dan Sumber Belajar
·           Media
o  LKS
o  Power Point
o  Gambar/Foto/video tentang Gerak Melingkar Beraturan Dan Gerak Melingkar Berubah Beraturan
·           Alat/Bahan
o   timer
o   Kertas lembaran
o   Sepeda / motor
o   Buku pendamping yang relevan
·           LCD
·           Sumber Belajar
o   Buku teks pelajaran fisika
o   Buku praktikum fisika SMK
o   Edukasi.net

H.      LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN

PERTEMUAN KE 1 (2 X 45 MENIT)
A.    Pendahuluan ( 20 menit )
·      Memberikan salam dan berdoa
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi
·      Memotivasi
Guru memperlihatkan contoh gambar/foto/video Gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan
·      Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
·      Pretest
B.       Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati  
·      Guru mendemonstrasikan, memperlihatkan gambar/foto/video gerak untuk membedakan gerak melingkar dengan kecepatan kostan dan gerak melingkar dengan percepatan konstan.
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya
·      Guru menilai keterampilan siswa mengamati 

Menanya
·      Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar/foto/video bahkan demonstrasi yang berkaitan  dengan Gerak melingkar beraturan dan Gerak melingkar Berubah Beraturan
·      Membuat pertanyaan tentang gerak melingkar benda terkait besaran frekuensi, perioda, kecepatan linier dan sudut.
·      Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan dalam gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan.

Mencoba
·      Siswa mengumpulkan data besaran – besaran fisika yang terdapat pada gerak melingkar di sepeda.
·      Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasi
·      Menganalisis besaran fisis pada gerak melingkar untuk menentukan hubungan antar besarannya.
·      Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan

Mengkomunikasikan
·      Kelompok mendiskusikan, mengkomunikasikan dan menyajikan informasi aplikasi gerak melingkar dalam produk – produk teknologi dan rekayasa.
 ·     Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan.

C.      Penutup (10 menit )
            ·     Bersama siswa menyimpulkan faktor – faktor yang menyebabkan terjadinya kecepatan linier               dan sudut.
·      Memberikan tugas untuk menyelesaikan soal tentang gerak melingkar beraturan dangan gerak melingkar berubah beraturan.
·       Melaksanakan post test.

PERTEMUAN KE 2 (2 X 45 MENIT)
A.    Pendahuluan ( 15 menit )
·      Memberikan salam dan berdoa
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi
·      Memotivasi
·      Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
·      Pretest

B.     Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati  
·      Guru mendemonstrasikan, memperlihatkan gambar/foto/video sudut tempuh pada gerak melingkar dengan laju tetap.
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya.
·      Guru menilai keterampilan siswa mengamati

Menanya
·      Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar/foto/video tentang gerak  melingkar  pada sudut tempuh dengan laju tetap.
·      Siswa mengidentifikasi faktor faktor  yang mempengaruhi sudut tempuh.
·      Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan sudut tempuh dalam gerak melingkar beraturan dan gerak melingkar berubah beraturan.

Mencoba
·      Siswa melakukan  pengumpulan data besaran fisis sudut tempuh pada poros engkol dan roda sepeda.
·      Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasi
·      Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak sudut tempuh yang melingkar.
·      Menganalisis perbedaan gerak sudut tempuh dengan gerak linier roda sepeda.
·      Menganalisis grafik besaran fisis sudut tempuh terhadap fungsi waktu.
·      Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan.
Mengkomunikasikan
·         Kelompok mendiskusikan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil tentang percobaan benda yang bergerak melingkar.
·         Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan

C.      Penutup (15 menit )
            ·       Bersama siswa menyimpulkan faktor – faktor apa saja yang membedakan sudut tempuh pada              gerak melingkar dengan laju tetap.
·       Melaksanakan post test

I.      PENILAIAN

1. Jenis / Teknik Penilaian
a.Sikap                  : Observasi/ Pengamatan dan Penilaian Diri
b.Pengetahuan      : Test Tulis , Isian
c.Keterampilan     : Tes praktek dan proyek
2.    Bentuk Instrumen dan Instrumen
Skala Penilaian  (rating scale ) pengamatan sikap dan daftar cek penilaian diri
Instrumen Pengamatan Sikap
No
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
1
2
3
4
5
1
Rasa ingin tahu





2
Kejujuran





3
Ketelitian





4
Ketekunan





5
Kerjasama





6
Keterbukaan





7
Kreatif





8
Tanggungjawab






Total Skor








Instrumen Penilaian Diri
NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
YA
TIDAK
1.
Saya berusaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME agar mendapat ridhonya dalam belajar


2
Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


3



4



5




Jumlah Skor





Instrumen Tes Tertulis :
                          
                    A.    Isilah dengan jawaban singkat dan tepat !
1.      Apa yang dimaksud dengan perioda pada gerak melingkar ?
2.      Jelaskan hubungan antara perioda dengan frekuensi !
3.      Jelaskan tentang prinsip gerak melingkar beraturan !
4.      Apa hubungan antara antara gerak melingkar dengan kecepatan linier ?
5.      Jelaskan dengan gambar posisi kecepatan sudut pada roda sepeda !
6.      Jelaskan terjadinya proses gerak melingkar berubah beraturan !
7.      Apa perbedaan antara kecepatan linier dengan kecepatan sudut ?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar