Minggu, 15 Juli 2018

RPP Usaha, Energi dan Daya Kelas X (K13)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran                        : FISIKA
Kelas/Semester                        : X / 1
Materi pokok                           : Usaha, Energi dan Daya
Alokasi Waktu                        : 4 JP (  2 kali pertemuan X 2 JP )

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
 KI 3 :  Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.7. Menerapkan konsep Usaha, Energi dan Daya.
3.8. Memahami Hukum Kekekalan Enrgi.
4.4. Menganalisis hasil percobaan menggunakan konsep usaha, energi dan daya.

C. Indikator
3.7.1   Menerapkan konsep Usaha dan Energi dalam kehidupan sehari-hari.
3.7.2   Menerapkan prinsip daya dalam kehidupan sehari – hari.
3.7.3   Memahami usaha sebagai perubahan energi.

3.8.1   Memahami perbedaan antara Usaha dengan Daya.
3.8.2   Memahami energi kinetik dan teorema energi.
3.8.3   Memahami hukum kekekalan energi mekanik.

4.4.1   Melakukan percobaan sederhana tentang usaha.
4.4.2   Melakukan percobaan sederhana tentang energi.
4.4.3   Melakukan percobaan sederhana tentang daya.

D.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati demonstrasi , melakukan percobaan dan berdiskusi siswa diharapkan mampu :
1.      Menjelaskan pengertian usaha, energi dan daya.
2.      Memformulasikan hukum kekekalan energi.
3.      Menjelaskan pengertian energi kinetik.
4.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang menentukan hukum kekekalan energi.
5.      Menentukan hubungan antara hukum kekekalan energi dengan usaha.
6.      Merumuskan persamaan teorema energi.
7.      Menjelaskan pengertian usaha dan energi karena perubahan gaya.
8.      Menyebutkan alat atau produk teknologi yang menerapkan hukum kekekalan energi.
9.      Menunjukkan perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
10.  Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya

E. Materi Pembelajaran
           ·         Usaha dan Energi
           ·         Hukum Kekekalan Energi
           ·         Teorema energi dan energi kinetik
           ·         Daya

F. Metode Pembelajaran
          ·         Pendekatan :  Keterampilan proses sains / saintific
          ·         Model   : Discovery Learning
          ·         Model   : Demonstrasi, Eksperimen, Diskusi kelompok, Tanya jawab

G. Media, Alat dan Sumber Belajar
           ·         Media              : Cetak dan elektronik (internet), LKS
           ·         Alat                  : bola, korek api, kertas
           ·         Sumber Belajar : Buku Siswa Fisika Kelas X

H. Langkah - Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan  - 1 : Usaha , Energi dan Daya ( 2 x 45 menit )
TAHAP PEMBELAJARAN
RINCIAN  PEMBELAJARAN
Waktu
PENDAHULUAN
Mengucap salam
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran sebelumnya
Melakukan apersepsi dengan menyebutkan alat-alat sehari-hari yang merupakan aplikasi Usaha, Energi dan Daya .
15 menit
KEGIATAN INTI
1.      Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)
· Mengamati demonstrasi  memindahkan meja dari suatu tempat ke tempat lainnya.
· Mengamati gerak meja yang ditarik atau di dorong kekiri dan kekanan.
· Mengamati gerak benda ditarik tali dengan sudut tertentu.
· Mengamati presentasi  media flash tentang aplikasi usaha dan energi.

60

Menit
2.  Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
·      Guru mengajukan pertanyaan tentang hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik dan energi potensial.
·      Menanya tentang usaha yang terkait dengan rumusan hukum kekekalan energi mekanik.
·      Menanya hubungan antara usaha dengan waktu yang diperlukan untuk memindahkan suatu benda.


3.  Data collection (pengumpulandata)
·         Mengumpulkan data – data aplikasi kekekalan energi pada teknologi dan rekayasa.


4.  Data processing (pengolahan Data)
·         Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik.
·         Mengelompokkan bentuk kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak benda.

5.  Verification (pembuktian)

·      Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan dan membandingkan pengolahan dengan data-data pada buku sumber


6.  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
·      Membuat kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan sehingga menemukan hubungan antara usaha dengan hukum kekekalan energi dan daya.

PENUTUP
·         Memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat rangkuman dan melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
·         Menutup pelajaran dengan mengucap salam
15 menit


Pertemuan – 2
Ulangan Harian ( 2 JP )



I. Penilaian
1. Jenis / Teknik Penilaian
a.Sikap                  : Observasi/ Pengamatan dan Penilaian Diri
b.Pengetahuan      : Test Tulis , Isian
c.Keterampilan     : Tes praktek dan proyek
   
2.    Bentuk Instrumen dan Instrumen
Skala Penilaian  (rating scale ) pengamatan sikap dan daftar cek penilaian diri

Instrumen Pengamatan Sikap
No
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
1
2
3
4
5
1
Rasa ingin tahu





2
Kejujuran





3
Ketelitian





4
Ketekunan





5
Kerjasama





6
Keterbukaan





7
Kreatif





8
Tanggungjawab






Total Skor






     Instrumen Tes Tertulis :
                    A.    Isilah dengan jawaban singkat dan tepat !
1.      Jelaskan tentang konsep usaha !
2.      Apa hubungan antara usaha dan hukum kekekalan energi mekanik ?
3.      Bagaimanakah hubungan antara daya dengan usaha ?
4.      Jelaskan rumus hukum kekekalan energi mekanik !
5.      Jelaskan hubungan antara rumus hukum II Newton dengan usaha !

     Instrumen Penilaiaan melakukan percobaan

No
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
1
2
3
1
Menyiapkan perlengkapan



2
Mengamati kegiatan



3
Menggambar sketsa /diagram



4
Membuat kesimpulan



5
Membuat contoh aplikasi hukum kekekalan  energi mekanik




Total Skor




Tidak ada komentar:

Posting Komentar