Minggu, 15 Juli 2018

RPP Impuls dan Momentum Kelas X (K13)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Mata Pelajaran                        : FISIKA
Kelas/Semester                        : X / 1
Materi pokok                           : Impuls dan Momentum
Alokasi Waktu                        : 4 JP (  2 kali pertemuan X 2 JP )

A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1  : Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2  : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI3 Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
 KI 4 : Mengolah,  menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
3.9. Memahami  konsep Impuls dan hukum kekekalan Momentum.
4.5. Menganalisis hubungan impuls dan momentum dalam perhitungan.

C. Indikator
3.9.1        Memahami  konsep impuls dan hukum kekekalan momentum dalam kehidupan sehari-                  hari.
3.9.2        Memahami tumbukan dalam kehidupan sehari – hari.
3.9.3        Memahami tumbukan elastik.

4.5.1     Melakukan percobaan dan perhitungan sederhana tentang impuls.
4.5.2     Melakukan percobaan dan perhitungan sederhana tentang momentum.
4.5.3       Melakukan percobaan dan perhitungan sederhana tentang tumbukan elastik.

D.   Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati demonstrasi, melakukan percobaan dan berdiskusi siswa diharapkan mampu :
1.      Menjelaskan pengertian impuls.
2.      Memformulasikan hukum kekekalan momentum.
3.      Menjelaskan pengertian tumbukan elastik.
4.      Mengidentifikasi besaran-besaran yang menentukan hukum kekekalan momentum.
5.      Menentukan hubungan antara impuls dengan hukum kekekalan momentum.
6.      Merumuskan persamaan impuls dan hukum kekekalan momentum.
7.      Menyebutkan alat atau produk teknologi yang menerapkan hukum kekekalan momentum.
8.      Menunjukkan perilaku ilmiah dalam melakukan percobaan dan berdiskusi
9.      Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur alam jagad raya

E. Materi Pembelajaran
           ·         Impuls
           ·         Hukum Kekekalan momentum
           ·         Tumbukan elastik

F. Metode Pembelajaran
          ·         Pendekatan :  Keterampilan proses sains / saintific
          ·         Model   : Discovery Learning
          ·         Model   : Demonstrasi, Eksperimen, Diskusi kelompok, Tanya jawab

G. Media, Alat dan Sumber Belajar
          ·         Media              : Cetak dan elektronik (internet), LKS
          ·         Alat                  : bola
          ·         Sumber Belajar : Buku Siswa Fisika Kelas X


H. Langkah - Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan  - 1 : Impuls dan Momentum ( 2 x 45 menit )
TAHAP PEMBELAJARAN
RINCIAN  PEMBELAJARAN
Waktu
PENDAHULUAN
Mengucap salam
Menyampaikan tujuan pembelajaran
Melakukan refleksi terhadap pembelajaran sebelumnya
Melakukan apersepsi dengan menyebutkan alat-alat sehari-hari yang merupakan aplikasi impuls dan momentum .
15 menit
KEGIATAN INTI
1.      Stimulation (simullasi/Pemberian rangsangan)
· Mengamati demonstrasi  impuls dan momentum.
· Mengamati gerakan bola yang dipukul dan menumbuk dinding.
· Menyimak informasi yang disampaikan oleh guru tentang tumbukan benda dihubungkan dengan konsep – konsep momentum, impuls dan hukum kekekalan momentum.


60

Menit
2.  Problem statemen (pertanyaan/identifikasi masalah)
·      Guru mengajukan pertanyaan tentang konsep momentum dan impuls.
·      Menanya tentang hubungan antara impuls dan momentum.
·      Mengajukan pertanyaan tentang hukum kekekalan momentum.


3.  Data collection (pengumpulandata)
·         Mengumpulkan data – data aplikasi impuls dan momentum pada bidang olah raga, teknologi dan rekayasa.
·         Menentukan data yang diperlukan untuk membuat benda aplikasi prinsip momentum dan impuls.
·         Merancang dan membuat benda yang mengaplikasikan prinsip momentum dan impuls serta hukum kekekalan momentum.


4.  Data processing (pengolahan Data)
·         Menentukan hubungan usaha dengan perubahan energi kinetik.
·         Mengelompokkan bentuk kekekalan energi mekanik pada berbagai gerak benda.

5.  Verification (pembuktian)

·      Mendiskusikan hasil pengamatan dengan memperhatikan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kegiatan dan membandingkan pengolahan dengan data-data pada buku sumber


6.  Generalization (menarik kesimpulan/generalisasi)
·      Menganalisis peristiwa tumbukan elastik
·      Membuat kesimpulan dari kegiatan yang telah dilakukan sehingga menemukan hubungan antara usaha dengan hukum kekekalan momentum dan impuls.

PENUTUP
·         Memberi kesempatan kepada siswa untuk membuat rangkuman dan melakukan refleksi terhadap pengalaman belajar yang telah dilakukan
·         Menutup pelajaran dengan mengucap salam
15 menit


Pertemuan – 2
Ulangan Harian ( 2 JP )

I. Penilaian
1. Jenis / Teknik Penilaian
a.Sikap                  : Observasi/ Pengamatan dan Penilaian Diri
b.Pengetahuan      : Test Tulis , Isian
c.Keterampilan     : Tes praktek dan proyek
   
2.    Bentuk Instrumen dan Instrumen
Skala Penilaian  (rating scale ) pengamatan sikap dan daftar cek penilaian diri

Instrumen Pengamatan Sikap
No
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
1
2
3
4
5
1
Rasa ingin tahu





2
Kejujuran





3
Ketelitian





4
Ketekunan





5
Kerjasama





6
Keterbukaan





7
Kreatif





8
Tanggungjawab






Total Skor






Instrumen Penilaian Diri
NO
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
YA
TIDAK
1.
Saya berusaha meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME agar mendapat ridhonya dalam belajar


2
Saya berusaha belajar dengan sungguh-sungguh


3



4



5




Jumlah Skor





Instrumen Tes Tertulis :
      A.    Isilah dengan jawaban singkat dan tepat !
1.      Jelaskan tentang konsep impuls dan momentum !
2.      Apa hubungan antara impuls dan hukum kekekalan momentum ?
3.      Bagaimanakah hubungan antara gaya dengan impuls ?
4.      Jelaskan rumus hukum kekekalan momentum !
5.      Jelaskan aplikasi impuls dan momentum dalam kehidupan sehari – hari !


Skala Penilaian tes praktek dan proyek
Instrumen Penilaiaan melakukan percobaan

No
ASPEK YANG DINILAI
NILAI
3
2
1
1
Menyiapkan perlengkapan



2
Mengamati kegiatan



3
Menggambar sketsa /diagram



4
Membuat kesimpulan



5
Membuat contoh aplikasi hukum kekekalan  momentum dan impuls




Total Skor




Tidak ada komentar:

Posting Komentar