RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : IPA
Kelas / Semester : VIII / Ganjil
Materi Pokok : Pesawat Sederhana
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
A.
T ujuan Pembelajaran
Setelah
pembelajaran diharapkan :
1. Peserta didik
dapat memahami konsep usaha dan Daya
2. Peserta didik
dapat menyebutkan contoh usaha dalam kehidupan sehari-hari
3. Peserta didik
dapat menyelesaikan permasalahan tentang usaha dan daya
B. Kompetensi Inti
3.
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya
tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian
tampak mata.
4.
Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
C. Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Menjelaskan
konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari
termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
|
3.2.1 Mendeskripsikan konsep usaha, pesawat sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
|
4.2 Menyajikan
hasil penyelidikan atau penyelesaian masalah tentang manfaat penggunaan
pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
|
4.2.1 Melalui pengamatan langsung atau pun
melalui gambar peserta didik dapat mengetahui manfaat dari pesawat sederhana
|
D. Materi Pembelajaran
Pernah kamu
berusaha mendorong tembok ? Apakah tembok tersebut bergerak ? Meskipun kamu
merasa lelah dan berkeringat, namun saat kamu mendorong tembok tersebut,
dikatakan bahwa kamu tidak melakukan usaha sama sekali atau usahanya bernilai
nol.
Pernah kamu
mendorong meja ? Apakah meja tersebut bergerak ? meja yang kamu dorong tersebut
bergerak atau berpindah dari tempat semula.
Maka dari contoh
diatas dapat dikatakan bahwa, usaha adalah perpindahan energi oleh gaya
sehingga benda berpindah. Semakin besar gaya yang digunakan untuk memindahkan
benda, semakin besar pula usaha yang dilakukan. Semakin besar perpindahan
benda, semakin besar pula usaha yang dilakukan.
Berdasarkan
pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa besarnya usaha (W) ditentukan oleh
besar gaya yang digunakan untuk memindahkan benda (F) dan besar perpindahannya
(S). Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut :
W = F x S
Keterangan
: W = Usaha (Joule)
F =
Gaya (Newton)
S =
Perpindahan (Meter)
Contoh
soal :
Sebuah kotak didorong oleh Ilham dengan
gaya sebesar 12 newton, sehingga kotak tersebut berpindah sejauh 4 meter ke
arah kanan dari posisi semula. Tentukan usaha yang dilakukan gaya pada kotak
tersebut ?
Penyelesaian :
W = F x S
= 12 newton x 4 meter
= 48 Joule
Daya didefinisikan sebagai laju suatu
benda dalam melakukan usaha. Daya juga didefinisakan sebagai besar energi yang dipergunakan dalam
setiap detik. Sehingga dapat ditentukan dengan cara membagi besar usaha (W)
dengan selang waktunya (t), atau secara matematis dapat dituliskan sebagai
berikut :
P = W / t
Keterangan
: P = daya (Watt)
W = Usaha (Joule)
t
= Waktu (Sekon)
Contoh soal :
Sebuah lampu menyela selama 20 detik,
sehingga lampu tersebut menggunakan energi listrik sebesar 100 joule. Tentukan
daya lampu tersebut ?
Penyelesaian :
P = W / t
= 100 joule / 20 detik
= 5 watt
E. Kegiatan Pembelajaran
Model
Saintifik
Kegiatan
|
Langkah-langkah Model saintifik
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
Menciptakan situasi
(stimulasi)
|
· Guru mengucapkan salam
dan membimbing
peserta didik untuk ber do’a sebelum memulai pembelajaran
· Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti
pembelajaran
· Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
· Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pada
materi sebelumnya “saat seorang mendorong meja maka terjadilah gaya dorong,
maka saat mendorong meja tersebut memerlukan usaha sehingga meja tersebut
bergerak dan berpindah tempat”
· Guru memberikan motivasi
dengan mendemonstrasikan kepada peserta didik dengan mendorong dinding dan
mendorong meja kemudian menanyakan “apa yang terjadi dengan dinding dan meja
tersebut setelah didorong?”
|
10 menit
|
Inti
|
1. Mengamati
|
· Guru mendemonstrasikan mendorong sebuah meja
· Peserta didik mengamati guru mendemonstrasikan
mendorong meja
|
60 menit
|
2. Menanya
|
· Guru
melakukan tanya jawab kepada peserta didik
· Guru
menjelaskan materi yang terkait
|
||
3. Mengumpulkan informasi/mencoba
|
· Guru
memberikan peserta didik beberapa pertanyaan
|
||
4. Menalar / Mengasosiasi
|
· Setiap
peserta didik menyelesaikan pertanyaan yang diberikan
|
||
5. Mengkomunikasikan
|
· Peserta didik menuliskan jawabannya ke depan
atau ke papan tulis
|
||
Penutup
|
Verifikasi
|
·
Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
·
Guru memberikan soal individu untuk mengetahui pemahaman peserta didik
·
Guru mengucapkan salam
|
10
menit
|
F. Media Pembelajaran
·
Media : Power Point
·
Alat dan Bahan : Proyektor, Lingkungan sekitar
G. Sumber Belajar
·
Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 1
H. Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan
Pengayaan
Metode
|
Bentuk Instrumen
|
·
Sikap
|
·
Lembar
Pengamatan
|
·
Tes Unjuk
Kerja
|
·
Tes
Penilaian Kinerja (LKS)
|
·
Tes tertulis
|
·
Soal
Pengetahuan
|
1.
Penilaian Pengetahuan
a. Instrument Penilaian Pengetahuan
No
|
Bentuk Soal
|
Instrumen Soal
|
1
|
Pilihan Ganda
|
|
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
b. Kunci
Jawaban dan Pedoman
Penskoran
No
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
1
|
||
2
|
||
3
|
||
4
|
||
5
|
||
Total Skor
|
2.
Penilaian
Sikap
1.
Instrumen Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar