Selasa, 17 Juli 2018

RPP Usaha dan Daya (SMP) K13

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran              : IPA
Kelas / Semester             : VIII / Ganjil
Materi Pokok                 : Pesawat Sederhana
Alokasi Waktu               : 2 x 40  menit

A.  T ujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran diharapkan :
            1.      Peserta didik dapat memahami konsep usaha dan Daya
            2.      Peserta didik dapat menyebutkan contoh usaha dalam kehidupan sehari-hari
            3.      Peserta didik dapat menyelesaikan permasalahan tentang usaha dan daya

B.  Kompetensi Inti
3.    Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
4.    Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

C.  Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2     Menjelaskan konsep usaha, pesawat sederhana, dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk kerja otot pada struktur rangka manusia
3.2.1    Mendeskripsikan konsep usaha, pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
4.2  Menyajikan hasil penyelidikan atau penyelesaian masalah tentang manfaat penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari
4.2.1       Melalui pengamatan langsung atau pun melalui gambar peserta didik dapat mengetahui manfaat dari pesawat sederhana

D.  Materi Pembelajaran
Pernah kamu berusaha mendorong tembok ? Apakah tembok tersebut bergerak ? Meskipun kamu merasa lelah dan berkeringat, namun saat kamu mendorong tembok tersebut, dikatakan bahwa kamu tidak melakukan usaha sama sekali atau usahanya bernilai nol.
Pernah kamu mendorong meja ? Apakah meja tersebut bergerak ? meja yang kamu dorong tersebut bergerak atau berpindah dari tempat semula.
Maka dari contoh diatas dapat dikatakan bahwa, usaha adalah perpindahan energi oleh gaya sehingga benda berpindah. Semakin besar gaya yang digunakan untuk memindahkan benda, semakin besar pula usaha yang dilakukan. Semakin besar perpindahan benda, semakin besar pula usaha yang dilakukan.
Berdasarkan pernyataan tersebut dapat disimpulkan bahwa besarnya usaha (W) ditentukan oleh besar gaya yang digunakan untuk memindahkan benda (F) dan besar perpindahannya (S). Secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut :
W = F x S
Keterangan : W = Usaha (Joule)
               F  = Gaya (Newton)
               S  = Perpindahan (Meter)
Contoh soal :
       Sebuah kotak didorong oleh Ilham dengan gaya sebesar 12 newton, sehingga kotak tersebut berpindah sejauh 4 meter ke arah kanan dari posisi semula. Tentukan usaha yang dilakukan gaya pada kotak tersebut ?
Penyelesaian :
W = F x S
     = 12 newton x 4 meter
     = 48 Joule

       Daya didefinisikan sebagai laju suatu benda dalam melakukan usaha. Daya juga didefinisakan  sebagai besar energi yang dipergunakan dalam setiap detik. Sehingga dapat ditentukan dengan cara membagi besar usaha (W) dengan selang waktunya (t), atau secara matematis dapat dituliskan sebagai berikut :
P = W / t
Keterangan : P = daya (Watt)
             W = Usaha (Joule)
               t  =  Waktu (Sekon)
Contoh soal :
       Sebuah lampu menyela selama 20 detik, sehingga lampu tersebut menggunakan energi listrik sebesar 100 joule. Tentukan daya lampu tersebut ?
Penyelesaian :
P = W / t
   = 100 joule / 20 detik
   = 5 watt
  
E.  Kegiatan Pembelajaran
Model Saintifik
Kegiatan
Langkah-langkah Model saintifik
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
Menciptakan situasi (stimulasi)

·   Guru mengucapkan salam dan membimbing peserta didik untuk ber do’a sebelum memulai pembelajaran
·   Guru mengecek kehadiran peserta didik dan memeriksa kesiapan peserta didik untuk mengikuti pembelajaran
·   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran
·   Guru melakukan apersepsi dengan mengaitkan pada materi sebelumnya “saat seorang mendorong meja maka terjadilah gaya dorong, maka saat mendorong meja tersebut memerlukan usaha sehingga meja tersebut bergerak dan berpindah tempat”
·   Guru memberikan motivasi dengan mendemonstrasikan kepada peserta didik dengan mendorong dinding dan mendorong meja kemudian menanyakan “apa yang terjadi dengan dinding dan meja tersebut setelah didorong?”
10 menit
Inti
1. Mengamati
·  Guru mendemonstrasikan mendorong sebuah meja
·  Peserta didik mengamati guru mendemonstrasikan mendorong meja
60 menit
2. Menanya
·   Guru melakukan tanya jawab kepada peserta didik
·   Guru menjelaskan materi yang terkait
3. Mengumpulkan informasi/mencoba
·  Guru memberikan peserta didik beberapa pertanyaan
4. Menalar / Mengasosiasi
·   Setiap peserta didik menyelesaikan pertanyaan yang diberikan
5. Mengkomunikasikan
·  Peserta didik menuliskan jawabannya ke depan atau ke papan tulis
Penutup
Verifikasi
·   Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
·   Guru memberikan soal individu untuk mengetahui pemahaman peserta didik
·   Guru mengucapkan salam
10 menit

       F.     Media Pembelajaran
·         Media                 : Power Point
·         Alat dan Bahan  : Proyektor, Lingkungan sekitar

       G.    Sumber Belajar
·         Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII SMP/MTs Semester 1

       H.    Penilaian, Pembelajaran Remedial, dan Pengayaan
Metode
Bentuk Instrumen
·         Sikap
·         Lembar Pengamatan
·         Tes Unjuk Kerja
·         Tes Penilaian Kinerja (LKS)
·         Tes tertulis
·         Soal Pengetahuan

                                                


            1.    Penilaian Pengetahuan
a.    Instrument Penilaian Pengetahuan
No
Bentuk Soal
Instrumen Soal
1
Pilihan Ganda

2

3

4

5


b.    Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran 
No
Kunci Jawaban
Skor
1


2


3


4


5


Total Skor


2.    Penilaian Sikap
1.         Instrumen Penilaian
No
Nama Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap


























Tidak ada komentar:

Posting Komentar