Minggu, 15 Juli 2018

RPP Pengukuran dan Besaran Kelas X (K13)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran                        : FISIKA
Kelas/Semester                        : X/1
Materi pokok                           : Pengukuran  Besaran dan Satuan
Alokasi Waktu                        : 8 JP (  4 pertemuan X 2 JP )

       A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
      B.     Kompetensi Dasar
3.3  Memahami konsep besaran pokok, besaran turunan dan satuan
4.3 Menyajikan data hasil pengukuran dan perhitungan besaran dan satuan

C.    Indikator
            3.3.1        Mengidentifikasi besaran dan satuan.
            3.3.2        Memahami pengukuran besaran.
            3.3.3        Memahami ketidakpastian pengamatan.
            3.3.4        Membedakan antara besaran pokok dan turunan.
            3.3.5        Memahami  standart Satuan Internasional.
            3.3.6        Memahami konsep konversi satuan.

4.3.1        Menerapkan pengukuran besaran dengan alat ukur.
4.3.2        Menerapkan besaran dan satuan fisika dalam bentuk persamaan dan menggunakannya dalam pemecahan masalah.
4.3.3        Menerapkan prinsip penjumlahan vektor.
4.3.4        Menyimpulkan hasil pengukuran besaran - besaran terkait.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses mengamatii, menanya, berdiskusi, melaksanakan percobaan, mengasosiasi dan mengkomunikasikan siswa :
1.             Dapat menggunakan alat ukur untuk mengukur  besaran dan satuan fisika.
2.             Dapat mengembangkan karakter siswa tentang kreatif, teliti, cermat, dan rasa ingin tahu.
3.             Mampu mengembangkan kedisiplinan, kejujuran, kerja sama, kepedulian dan tanggungjawab.
4.             Mampu menghargai kebesaran terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

      E.     Materi Ajar
1)        Materi Fakta
-      Berbagai gambar/Foto/video berbagai contoh alat ukur dan pengukuran besaran panjang, waktu dan massa serta satuannya.

2)        Materi Konsep
·      Pengertian besaran pokok, besaran turunan dan satuan
·      Pengertian  pengukuran
·      Pengertian konversi satuan
·      Prinsip penjumlahan vektor

      F.     Metode Pembelajaran
Pendekatan saintifik
·           Eskperimen
·           Pengamatan
·           Ceramah
·           Diskusi
·           Tanya jawab
·           Penugasan

     G.    Media, Alat dan Sumber Belajar
·           Media
o  LKS
o  Power Point
o  Gambar/Foto/video tentang  pengukuran besaran fisika
·           Alat/Bahan :
o   Stop-wacth
o   Penggaris
o   Odometer
o   Kertas lembaran
o   Buku pendamping yang relevan
·           LCD

·           Sumber Belajar
o   Buku teks pelajaran fisika
o   Buku praktikum fisika SMK
o   Edukasi.net

      H.    Langkah-langkah Pembelajaran

PERTEMUAN KE -  1 (2 X 45 MENIT)
A.    Pendahuluan ( 20 menit )
·      Berdoa dan memberikan salam.
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi  
·      Berapakah  jarak yang ditempuh dan waktu dari rumah ke sekolah ?
·      Memotivasi
·      Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
·      Pretest
B.       Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati  
·       Membaca dan meringkas  bahan bacaan terkait besaran, satuan, dan jenis alat ukur.
·   Guru mendemonstrasikan, memperlihatkan gambar/foto/video pengukuran besaran pokok    dalam fisika.
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya.
·      Guru menilai keterampilan hasil pengamatan siswa.
Menanya
· Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar/foto/video demonstrasi yang berkaitan  dengan pengukuran besaran panjang dan waktu.
·     Siswa mengidentifikasi alat ukur untuk pengukuran panjang dan waktu.
·  Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan dalam pengukuran   panjang dan waktu.
Mencoba ( eksplorasi )
·     Siswa melakukan  sendiri pengukuran jarak dan waktu pada lintasan yang dilalui dari rumah ke sekolah.
·      Siswa menggambarkan denah lintasan lurus yang dilalui dari rumah ke sekolah.
·  Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan  mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasi
·      Menganalisis besaran fisika pada besaran panjang.
·      Menganalisis besaran fisika pada besaran waktu.
·      Menganalisis besaran panjang dan waktu dalam diskusi kelas.
·      Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan

Mengkomunikasikan
·     Kelompok mendiskusikan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pengukuran panjang dan waktu.
 ·     Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan

C.      Penutup (10 menit )
           ·       Bersama siswa menyimpulkan faktor – faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya ketidak               telitian dalam pengukuran.
·      Memberikan tugas untuk menyelesaikan soal tentang besaran panjang dan waktu.

PERTEMUAN KE 2 (2 X 45 MENIT)
A.    Pendahuluan ( 20 menit )
·      Berdoa dan memberikan salam.
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan.
·      Apersepsi.
·      Bagaimanakah cara menggambarkan denah suatu ruangan dengan skala yang benar ?
·      Memotivasi
Guru memperlihatkan contoh gambar/foto  tentang foto udara suatu daerah.
·      Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
·      Pretest

B.       Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati  
· Guru mendemonstrasikan, memperlihatkan gambar/foto denah ruang sekolah dengan pengukuran dan  skala yang benar.
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya.
·      Guru menilai keterampilan siswa mengamati

Menanya
·  Siswa mendiskusikan hasil yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar/foto tentang  gambar denah.
·      Siswa mengidentifikasi lokasi  denah yang akan diukur dan digambar.
·      Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan dalam mengukur ruangan sekolah. 

Mencoba ( eksplorasi )
·      Siswa melakukan  pengamatan dengan mengukur panjang ruangan kelas..
·      Siswa menggambarkan denah ruang sekolah dengan skala ukur  yang benar.
·  Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasi
·      Menganalisis besaran pokok dan satuannya
·      Menganalisis perbedaan antara panjang dan jarak tempuh.
·      Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan

Mengkomunikasikan
·       Kelompok mendiskusikan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah tentang pengukuran besaran panjang, jarak  dan waktu.
·       Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan

C.      Penutup (10 menit )
            ·       Bersama siswa menyimpulkan pengukuran besaran – besaran fisika dan satuannya.
·      Memberikan tugas untuk menyelesaikan soal tentang pengukuran besaran pokok dan besaran   turunan.
·       Melaksanakan post test.

PERTEMUAN KE- 3  (2 X 45 MENIT)
A.      Pendahuluan ( 20 menit )
·      Berdoa dan Memberikan salam.
·      Mengkondisikan kelas dan pembiasaan.
·      Apersepsi.
·      Bagaimanakah cara menentukan arah benda yang dilemparkan dari satu titik ke titik lainnya dengan suatu garis acuan ?
·      Memotivasi
Guru memperlihatkan foto/video pesawat terbang.
·      Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran.
·      Pretest




B.       Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati  
·      Guru mendemonstrasikan, memperlihatkan gambar/foto udara jalan dengan arah mata angin.
·  Guru mengarahkan dan memfokuskan pengamatan siswa pada besaran skalar dan besaran vektor  suatu benda yang dilemparkan dari satu titik ke titik lainnya.
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya.
·      Guru menilai keterampilan siswa mengamati.

Menanya
·      Siswa mendiskusikan hasil yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar/foto.
·   Siswa bertanya cara penguraian, penjumlahan dan pengurangan vektor  yang terdapat pada  tayangan.
·  Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan dalam menentukan   besaran vektor.

Mencoba ( eksplorasi )
·      Siswa membuat titik acuan untuk gerak dan arah benda dengan besaran vektor dan satuannya.
·      Siswa melakukan pengukuran besaran vektor .
·  Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasi
·      Membuat daftar besaran pokok dan satuannya.
·      Menganalisis perbedaan antara besaran skalar dan besaran vektor.
·      Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan.

Mengkomunikasikan
·       Kelompok mendiskusikan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah tentang pengukuran besaran skalar panjang, besaran vektor,  jarak  dan waktu.
·        Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan.

C.      Penutup (10 menit )
            ·       Bersama siswa menyimpulkan besaran vektor dan satuannya.
·  Memberikan tugas untuk menyelesaikan soal tentang penguraian, penjumlahan dan     pengurangan vektor.
·       Melaksanakan post test.

PERTEMUAN KE 4 (2 X 45 MENIT)
Ulangan harian tentang KD Pengukuran Besaran dan Satuan
Materi pokok : Besaran pokok, turunan dan vektor serta satuannya

      I.       Penilaian
1.      Jenis / Teknik Penilaian
·      Performance/tes Praktik
·      Tes Tertulis ( Essay )

2.      Instrumen penilaian

INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF
Soal pertemuan 1
1.    Tuliskan pengertian jarak dan perpindahan (skor 2)
2.  Sebuah mobil bergerak ka arah timur sejauh 400 m, kemudian mobil tersebut berbelok kearah utara sejauh 300 meter. Tentukan jarak tempuh total yang dialami mobil tersebut (skor 3) dan perpindahan yang di alami mobil tersebut (skor 3)
3.    Apa yang di maksud dengan posisi suatu benda?(skor 2)
Soal pertemuan 2
1.    Sebuah sepeda motor berangkat dari Jakarta ke Surabaya dengan kecepatan 72 km/jam.              Percepatan kereta api tersebut adalah 20 m/s².waktu yang di butuhkan sepeda motor tersebut adalah 30 menit. Berapa jarak yang di tempuh sepeda motor tersebut?? (skor 4)
2.      Apa yang dimaksud dengan kecepatan (skor 2) dan kelajuan( skor 2)?
3.   Manakah yang temasuk besaran vector dan besaran scalar antara kecepatan dan kelajuan?      Jelaskan  (skor 2)
Soal pertemuan 3
1.      Apa yang dimaksud dengan GLB (skor 2).
2.      Tuliskan besaran-besaran dalam GLBB. (skor 3)
3.   Gambarkan gravik benda yang mengalami gerak lurus beraturan, gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus berubah beraturan denga percepatan di percepat dan di  perlambat. (skor 5)
Soal pertemuan 4
1.      Berikan contoh aplikasi gerak jatuh bebas dalam kehidupan sehari-hari (skor 3)
2.      Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 5 meter diatas tanah.
Tentukan:              a. waktu yang diperlukan sampai tiba di tanah. (skor 3)
                              b. kecepatan benda ketika tiba di tanah.(skor 4)


INSTRUMEN  KINERJA MELAKUKAN PRATIKUM

NO
ASPEK YANG DINILAI
PENILAIAN


1
2
3
1
MERANGKAI ALAT



2
PENGAMATAN



3
DATA YANG DIPEROLEH



4
KESIMPULAN




Rubrik:
NO
ASPEK YANG DINILAI
PENILAIAN


1
2
3
1
MERANGKAI ALAT
Rangkaian alat tidak benar
Rangkaian alat benar, tapi tidak rapi atau  tidak memperhatikan keselamatan kerja
Rangkaian alat, benar dan memperhatikan keselamatan kerja
2
PENGAMATAN
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat tetapi tidak mendukung interpretasi
Pengamatan cermat  mendukung interpretasi
3
DATA YANG DIPEROLEH
Data tidak lengkap
Data lengkap, tetapi tidak terorganisir atau ada yang salah tulis
Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar
5
KESIMPULAN
Tidak benar atau tidak sesuai tujuan
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidaK Sesuai tujuan
Semua benar atau sesuai tujuan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar