Minggu, 15 Juli 2018

RPP Gerak Lurus Beraturan Kelas X (K13)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran                        : FISIKA
Kelas/Semester                        : X / 1
Materi pokok                           : Gerak Lurus Dengan Kecepatan Dan Percepatan Konstan
Alokasi Waktu                        : 8 JP ( 4 kali pertemuan  X 2 jp )

        A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan  ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah lingkungan,  gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro-aktif) dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
      B.     Kompetensi Dasar
3.3  Menganalisis besaran-besaran fisis pada gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan
4.3 Menyajikan data dan grafik hasil percobaan untuk menyelidiki sifat gerak bendayang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan

C.  Indikator
3.3.1   Mengidentifikasi pengertian gerak
3.3.2   Membedakan antara jarak dan perpindahan
3.3.3   Membedakan antara kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat
3.3.4   Membedakan antara percepatan rata-rata dan percepatan sesaat
3.3.5   Menyimpulkan karakteristik gerak lurus beraturan (GLB) melalui percobaan dan                            pengukuran besaran-besaran terkait

4.3.1 Menerapkan besaran-besaran fisika dalam GLB dalam bentuk persamaan dan                                 menggunakannya dalam pemecahan masalah
4.3.2  Menyimpulkan karakteristik gerak lurus berubah beraturan (GLBB) melalui percobaan dan           pengukuran besaran-besaran terkait
4.3.3  Menerapkan besaran-besaran fisika dalam GLBB dalam bentuk persamaan dan                               menggunakannya dalam pemecahan masalah.

D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah proses mengamatii, menanya, berdiskusi, melaksanakan percobaan, mengasosiasi dan mengkomunikasikan siswa :
1.             Dapat menganalisis besaran fisika pada gerak dengan kecepatan dan percepatan kostan.
2.             Dapat mengembangkan karakter siswa tentang kreatif, teliti, cermat, dan rasa ingin tahu
3.             Mampu mengembangkan kedisiplinan, kejujuran, kerja sama, kepedulian dan tanggungjawab
4.             Mampu menghargai kebesaran terhadap Tuhan Yang Maha Esa

E.     Materi Ajar
1)        Materi Fakta
-      Berbagai gambar/Foto/video berbagai contoh GLB dan GLBB

2)        Materi Konsep
·      Pengertian gerak
·      Pengertian jarak dan perpindahan
·      Pengertian Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
·      Perbedaan percepatan dan kecepatan konstan melalui grafik

3)        Materi Prinsip
Gerak lurus
·    Besaran-besaran pada gerak lurus yaitu tenteng posisi, jarak dan perpindahan, kecepatan tara-rata dan kecepatan sesaat.
Gerak Lurus Beraturan (GLB)
·       Grafik kecepatan dan posisi GLBdan kinematika gerak lurus beraturan.
Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)
·  Mempelajari grafik kecepatan terhadap waktu, perbedaan percepatan rata-rata dan  percepatan sesaat, dan gerak  jatuh bebas

F. Metode Pembelajaran
·           Eskperimen
·           Pengaamatan
·           Ceramah
·           Diskusi
·           Tanya jawab
·           Penugasan

G.    Media, Alat dan Sumber Belajar
·           Media
o  LKS
o  Power Point
o  Gambar/Foto/video tentang Gerak Lurus Beraturan Dan Gerak Lurus Berubah Beraturan
·           Alat/Bahan
o   Penggaris
o   Pengukur  waktu ( stopwacth )
o   Kertas lembaran
o   Bola besar dan kecil
o   Buku pendamping yang relevan
·           LCD
·           Sumber Belajar
o   Buku teks pelajaran fisika
o   Buku praktikum fisika SMK
o   Edukasi.net

H.    LANGKAH – LANGKAH PEMBELAJARAN
PERTEMUAN KE - 1        (2 X 45 MENIT)
A.    Pendahuluan ( 20 menit )
·      Memberikan salam dan berdoa
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi
·    Manakah yang lebih dahulu sampai kebawah jika bola pimpong dan bola volly dijatuhkan dari sebuah gedung yang memiliki ketinggian yang  sama..??
·      Memotivasi
Guru memperlihatkan contoh gambar/foto/video Gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan
·      Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
·      Pretest
B.       Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati  
·      Guru mendemonstrasikan, memperlihatkan gambar/foto/video gerak untuk membedakan gerak lurus dengan kecepatan kostan dan gerak lurus dengan percepatan konstan.
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya
·      Guru menilai keterampilan siswa mengamati

Menanya
· Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar/foto/video bahkan demonstrasi yang berkaitan  dengan Gerak Lurus beraturan dan Gerak Lurus Berubah Beraturan
·      Siswa mengidentifikasi faktor-faktor yang dapat menyebabkan terjadinya percepatan konstan dan kecepatan konstan
· Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan dalam gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan

Mencoba
·    Siswa melakukan  eksperimen gerak lurus dengan kecepatan dengan menggunakan bola pada lintasan lurus.
·  Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasi
·      Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan keacepatan konstan
·      Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak dengan percepatan konstan
·      Menganalisis besaran-besaran dalam GLBB dan gerak jatuh bebas dalam diskusi kelas
·      Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan

Mengkomunikasikan
·      Kelompok mendiskusikan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah tentang percobaan benda yang bergerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus dengan percepatan konstan dalam bentuk grafik.
·       Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan


C.      Penutup (10 menit )
          ·     Bersama siswa menyimpulkan faktor –faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya kecepatan            konstan dan percepatan konstan
          ·    Memberikan tugas untuk menyelesaikan soal tentang gerak lurus beraturan dangan gerak lurus            berubah beraturan.
           ·       Melaksanakan post test

PERTEMUAN KE 2 (2 X 45 MENIT)
A.    Pendahuluan ( 20 menit )
·      Memberikan salam dan berdoa
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi
Sebuah bola di lempar keatas, ternyata pada ketinggian tertentu bola tersebut kembali jatuh ketanah. Apa yang menyebabkan peristiwa tersebut, apakah ada hubungan denga fisika?
·      Memotivasi
Guru memperlihatkan contoh gambar/foto/video Gerak vertical ketas dan gerak vertikal kebawah
·      Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
·      Pretest

B.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati  
·      Guru mendemonstrasikan, memperlihatkan gambar/foto/video gerak untuk membedakan gerak vertical ketas dan gerak vertical kebawah
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya
·      Guru menilai keterampilan siswa mengamati

Menanya
· Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar/foto/video tentang gerak verikal keatas dan gerak vertical kebawah
·  Siswa mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi gerak vertical kaatas dan gerak vertical kebawah
· Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan dalam gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan

Mencoba
·      Siswa melakukan  eksperimen dengan menjatuhkan sebuah bola pimpong dari atas meja
·      Siswa melakukan eksperimen dengan melempar sebuah benda keatas
·  Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasi
·      Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak verikal
·      Menganalisis perbedaan gerak lurus beraturan dan gerak vertikal
·      Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan

Mengkomunikasikan
·      Kelompok mendiskusikan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah tentang percobaan benda yang bergerak vertical keatas dan bergerak vertical kebawah
·       Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan

C.       Penutup (10 menit )
           ·       Bersama siswa menyimpulkan faktor–faktor apa saja yang membedakan gerak vertical keatas              dan gerak vertical kebawah
·    Memberikan tugas untuk menyelesaikan soal tentang gerak vertikal keatas dan gerak vertikal kebawah
·       Melaksanakan post test

PERTEMUAN KE 3 (2 X 45 MENIT)
A.     Pendahuluan ( 20 menit )
·      Memberikan salam dan berdoa
·      Mengondisikan kelas dan pembiasaan
·      Apersepsi
Sebuah bola di lempar keatas, ternyata pada ketinggian tertentu bola tersebut kembali jatuh ketanah. Apa yang menyebabkan peristiwa tersebut, apakah ada hubungan denga fisika?
·      Memotivasi
Guru memperlihatkan contoh gambar/foto/video Gerak vertical ketas dan gerak vertikal kebawah
·      Guru menyampaikan Tujuan pembelajaran
·      Pretest

B.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
Mengamati  
·      Guru mendemonstrasikan, memperlihatkan gambar/foto/video gerak untuk membedakan gerak vertical ketas dan gerak vertical kebawah
·      Siswa mencatat hasil pengamatannya
·      Guru menilai keterampilan siswa mengamati

Menanya
· Siswa mendiskusikan hasil temuan yang didapatkan dari proses mencermati tayangan gambar/foto/video tentang gerak verikal keatas dan gerak vertical kebawah
·  Siswa mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi gerak vertical kaatas dan gerak vertical kebawah
·  Guru menilai keterampilan siswa dalam mengungkap permasalahan dalam gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan

Mencoba
·      Siswa melakukan  eksperimen dengan menjatuhkan sebuah bola pimpong dari atas meja
·      Siswa melakukan eksperimen dengan melempar sebuah benda keatas
·  Guru menilai sikap siswa dalam kerja kelompok dan membimbing/ menilai keterampilan mencoba, menggunakan alat, dan mengolah data, serta menilai kemampuan siswa menerapkan konsep dan prinsip dalam pemecahan masalah

Mengasosiasi
·      Menganalisis besaran-besaran fisika pada gerak verikal
·      Menganalisis perbedaan gerak lurus beraturan dan gerak vertikal
·      Guru membimbing/menilai kemampuan siswa menganalisis dan merumuskan kesimpulan

Mengkomunikasikan
·      Kelompok mendiskusikan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan hasil pemecahan masalah tentang percobaan benda yang bergerak vertical keatas dan bergerak vertical kebawah
·       Guru menilai kemampuan siswa berkomunikasi lisan

C.      Penutup (10 menit )
           ·       Bersama siswa menyimpulkan faktor–faktor apa saja yang membedakan gerak vertical keatas              dan gerak vertical kebawah
·    Memberikan tugas untuk menyelesaikan soal tentang gerak vertikal keatas dan gerak vertikal kebawah
·     Melaksanakan post test


PERTEMUAN KE 4 (2 X 45 MENIT)
Ulangan harian tentang KD 3.3 dan 4.3
Materi pokok : Gerak lurus dengan kecepatan dan percepatan konstan

I.       Penilaian
1.      Jenis / Teknik Penilaian
·      Performance/tes Praktik
·      Tes Tertulis ( Essay )

2.      Instrumen penilaian
·      Instrumen penilaian laporan praktik menggunakan rubrik penilaian
·      Instrumen tes menggunakan tes tertulis uraian

INSTRUMEN PENILAIAN KOGNITIF
Soal pertemuan 1
1.    Tuliskan pengertian jarak dan perpindahan (skor 2)
2.  Sebuah mobil bergerak ka arah timur sejauh 400 m, kemudian mobil tersebut berbelok kearah utara sejauh 300 meter. Tentukan jarak tempuh total yang dialami mobil tersebut (skor 3) dan perpindahan yang di alami mobil tersebut (skor 3)
3.    Apa yang di maksud dengan posisi suatu benda?(skor 2)
Soal pertemuan 2
1.   Sebuah sepeda motor berangkat dari Jakarta ke Surabaya dengan kecepatan 72 km/jam. Percepatan kereta api tersebut adalah 20 m/s².waktu yang di butuhkan sepeda motor tersebut adalah 30 menit. Berapa jarak yang di tempuh sepeda motor tersebut?? (skor 4)
2.   Apa yang dimaksud dengan kecepatan (skor 2) dan kelajuan( skor 2)?
3.   Manakah yang temasuk besaran vector dan besaran scalar antara kecepatan dan kelajuan? Jelaskan (skor 2)
Soal pertemuan 3
1.      Apa yang dimaksud dengan GLB (skor 2).
2.      Tuliskan besaran-besaran dalam GLBB. (skor 3)
3.    Gambarkan gravik benda yang mengalami gerak lurus beraturan, gerak lurus dengan kecepatan konstan dan gerak lurus berubah beraturan denga percepatan di percepat dan di  perlambat. (skor 5)
Soal pertemuan 4
1.      Berikan contoh aplikasi gerak jatuh bebas dalam kehidupan sehari-hari (skor 3)
2.      Sebuah benda jatuh bebas dari ketinggian 5 meter diatas tanah.
Tentukan:              a. waktu yang diperlukan sampai tiba di tanah. (skor 3)
                              b. kecepatan benda ketika tiba di tanah.(skor 4)

INSTRUMEN  KINERJA MELAKUKAN PRATIKUM

NO
ASPEK YANG DINILAI
PENILAIAN


1
2
3
1
MERANGKAI ALAT



2
PENGAMATAN



3
DATA YANG DIPEROLEH



4
KESIMPULAN




Rubrik:
NO
ASPEK YANG DINILAI
PENILAIAN


1
2
3
1
MERANGKAI ALAT
Rangkaian alat tidak benar
Rangkaian alat benar, tapi tidak rapi atau  tidak memperhatikan keselamatan kerja
Rangkaian alat, benar dan memperhatikan keselamatan kerja
2
PENGAMATAN
Pengamatan tidak cermat
Pengamatan cermat tetapi tidak mendukung interpretasi
Pengamatan cermat  mendukung interpretasi
3
DATA YANG DIPEROLEH
Data tidak lengkap
Data lengkap, tetapi tidak terorganisir atau ada yang salah tulis
Data lengkap, terorganisir, dan ditulis dengan benar
5
KESIMPULAN
Tidak benar atau tidak sesuai tujuan
Sebagian kesimpulan ada yang salah atau tidak Sesuai tujuan
Semua benar atau sesuai tujuan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar