Selasa, 24 Juli 2018

RPP Magnet Kelas XI (K13)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
           
Mata pelajaran             : FISIKA
Kelas/Semester            : XI /Genap
Materi Pokok              : 
*  Medan magnet dari kutub-kutub magnet
* Medan magnet oleh arus listrik
* medan magnet disekitar kawat berarus lurus
* Medan magnet di sekitar kawat melingkar
* Medan magnet disekitar solenoid dan toroida
* Medan magnet disekitar kawat sejajar
Alokasi Waktu            : 2 JP (3X PERTEMUAN)

A.    Kompetensi Inti (KI)
KI 1
:
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KI 2
:
Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KI 3
:
Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4
:
Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang di pelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Pertemuan pertama
Kompetensi dasar
Indikator
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2.Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena kemagnetan dan medan listrik
* mengamalkan ajaran agama yangn dianut dan menyadari kebesaran tuhan
* menghayati bahwa fenomena terhadap medan magnet dan medan listrik, bumi dan seisinya  merupakan diciptakan oleh Tuhan YME
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi  melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
* Mengamalkan perilaku ilmiah dan menunjukkan sikap yang santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru
* mengamalkan sikap sportif dalam mengambil solusi dari permasalahan yang timbul ketika terjadi perbedaan pendapat dengan teman atau kelompok lain
a.       Memahami gejala kemagnetan

·         Dapat mengamati medan magnet disekitar kawat berarus dari percobaan oersted
·         Dapat menuliskan ke dalam tabel pengamatn
·         Dapat menyebutkan gejala kemagnetan dari hasil pengamatan

Pertemuan kedua
Kompetensi dasar
Indikator
1.1. Menambah keimanan dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya
1.2. Menyadari kebesaran Tuhan yang menciptakan dan mengatur karakteristik fenomena gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya
* mengamalkan ajaran agama yang dianut dan menyadari kebesaran tuhan
* menghayati bahwa fenomena terhadap gerak, fluida, kalor, bumi dan seisinya  merupakan diciptakan oleh Tuhan YME
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hati-hati; bertanggungjawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan
2.2. Menghargai kerja individu dan kelompok dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan
* Mengamalkan perilaku ilmiah dan menunjukkan sikap yang santun baik dengan teman sekelompok maupun dengan guru
* mengamalkan sikap sportif dalam mengambil solusi dari permasalahan yang timbul ketika terjadi perbedaan pendapat dengan teman atau kelompok lain
3.9 Menerapkan hukum-hukum kemagnetan dengan melakukan dengan melakukan perhitungan sederhana
* Siswa menghitung kuat medan magnet pada berbagai bentuk kawat berarus listrik ( Hukum Biot savart)


C.    Tujuan Pembelajaran
Pertemuan pertama:
Setelah proses melakukan pengamatan,dan diskusi,  siswa dapat  :
             ·         Siswa dapat mendiskusikan hasil pengamatan tentang hubungan arus listrik dengan medan                  magnet
             ·         Siswa dapat menganalisa percobaan oersted
             ·         Siswa dapat menyimpulkan percobaan oersted
Pertemuan kedua :
Setelah proses melakukan pengamatan, demonstrasi , siswa dapat :
             ·       Mengerjakan soal latihan tentang kuat medan magnet pada berbagai bentuk kawat berarus                   (hukum biot savart )
             ·        Menjelaskan hasil hitungan kuat medan magnet pada berbagai bentuk kawat berarus

D.      MateriPembelajaran
*  Medan magnet dari kutub-kutub magnet
* Medan magnet oleh arus listrik
      * medan magnet disekitar kawat berarus lurus
      * Medan magnet di sekitar kawat melingkar
      * Medan magnet disekitar solenoid dan toroida
      * Medan magnet disekitar kawat sejajar
1)      Materi Fakta
·         bahan : merupakan sumber belajar dari internet atau animasi (pertemuan pertama)
·         Alat dan bahan : baterai 9 Volt, kawat lurus panjang, kabel jepit, saklar dan jarum kompas
2)    Materi Konsep
      -          Ilmu fisika
      -          Modul pembelajaran tentang getaran dan gerak harmonik sederhana dan
      -          LK (pertemuan Kedua)
3)      Materi Prinsip
 -     K3 ( Keselamatan, Kesehatan dan Kerja)
 -     Prinsip kerja alat yang digunakan dalam percobaan fisika
4)    Prosedur
       -          Langkah kerja  untuk mendiskusikan materi getaran harmonik sederhana

E.     Model dan Metode Pembelajaran
Pertemuan pertama
Model Pembelajaran   : Problem based learning  
MetodePembelajaran: diskusi dan tanya jawab
        Pertemuan kedua
Model Pembelajaran   : Discovery Learning (DL)
MetodePembelajaran: diskusi dan tanya jawab

F.      Media, alat dan sumber pembelajaran
            1. Media : Software phet dan LKS
            2. Sumber belajar : Fotocopy materi LKS

            G.    Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan Pertama
No.
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
a.Membaca do’a terlebih dahulu
b.Mengabsen siswa
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d.Menuntun siswa mengajukan pertanyaan gejala kemagnetan pada kehidupan sehari-hari



20 Menit
2
Inti
Fase1
* Peserta didik dihadapakan masalah penyelidikan adanya medan magnet disekitar kawat berarus
Fase 2
·      Siswa dalam kelompok belajar
Mengamati (Fase 3)
·      Siswa secara berkelompok mengamati gambar di LKS tentang pemasangan rangkaian percobaan oersted, kemudian mulai melakukan rangkaian sendiri
Menanya (Fase3)
·      Mengajukan pertanyaan berkaitan dengan hasil pengamatan, misalnya:
-          Jika saklar keadaan tertutup bagaimana keadaan jarum kompas
-          Jika saklar dalam terbuka tetapi arah postif dikanan bagaimana keadaan jarum kompas
-          Jika saklar dalam keadaan terbuka tetapi arah positif sebelah kiri  bagaimana keadaan jarum kompas
Mengeksplorasi (Fase 4)
·      siswa melakukan pegamatan pada alat-alat listrik
Mengasosiasi (Fase 4)
·         menganalisa hasil pengamatan tentang medan magnet disekitar kawat berarus
Mengkomunikasikan (Fase 5)
·      Mempresentasikan hasil pengamatan didepan kelas

3
Penutup
·         Mengumpulkan laporan pengamatan

15 Menit

Pertemuan ke-dua
No.
Kegiatan
Deskripsi
AlokasiWaktu
1
Pendahuluan
a.Membaca do’a terlebih dahulu
b.Mengabsen siswa
c. Menyampaikan tujuan pembelajaran
d. Menuntun siswa Appersepsi tentang materi minggu lalu
e.Memberikan contoh soal tentang kuat medan magnet disekitar kawat berarus dengan berbagai bentuk



20 Menit
2
Inti

·      Siswa di beri latihan soal secara individu  
Mengamati
·      Siswa mengamati contoh soal yang diberikan
Menanya
-          Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang contoh soal yang diberikan  
Mengeksplorasi
·      siswa menghitung kuat medan magnet dari soal yang diberikan
Mengasosiasi
·         menganalisa hasil hitungan kuat medan magnet  
Mengkomunikasikan
·      Mempresentasikan hasil pengamatan didepan kelas

3
Penutup
·         Mengumpulkan latihan soal yang telah dikerjakan
·         Menginformasikan materi selanjutnya
  
15 Menit
      
            H.    Penilaian
            Bentuk Instrumen dan jenis/Teknik penilaian :
a.       Bentuk Instrumen berupa Tes : tes tertulis untuk pertemuan kedua
b.      Bentuk Instrumen berupa non tes : Melalui observasi kerja kelompok, kinerja presentasi dan laporan tertulis untuk pertemuan pertama


Tidak ada komentar:

Posting Komentar